Sungai Serayu Meluap, Belasan Desa Banyumas Kebanjiran

Personil Polisi dari Polsek Rawalo Polresta Banyumas, bantu warga evakuasi sepeda motor dengan perahu

KBRN, Banyumas    : Luapan Sungai Serayu yang melintas di Kabupaten Banyumas, Kamis (3/12/2020) pagi merendam ratusan rumah yang berada di 12 esa pada lima Kecamatan. 

Salah satu wilayah terendam banjir di Desa Srowot, Kecamatan Kalibagor, terdapat 37 rumah, tepatnya di Dusun Carik. 

Kadus Carik, Sugano mengatakan, banjir luapan dari Sungai Serayu terjadi Kamis (3/12/2020) dini hari. Karena genangan air semakin dalam mengenangi rumah warga, sehingga mulai pukul 08.00, warga di Dusun Carik dievakuasi relawaan kebencanaan. 

Sejumlah barang berharga termasuk, sertifikat tanah dan lainya, juga ikut dibawa oleh warga yang rumahnya terendam. Ketinggian banjir di Dusun Carik mencapai sekitar 70 cm. Luapan Sungai Serayu juga mengenangi lahan pertanian warga.

“Dampak banjir di wilayah RT2/ RW2 berjumlah 37 rumah, semua barang- barang berharga, hewan peliharaan dan warga. Sudah kami ungsikan ketempat lebih aman,”kata Sugano.

Sementara itu, salah satu relawan Kebencanaan Kabupaten Banyumas Topo mengatakan, dirinya bersama dengan ratusan relawan kebencanaan lainya, terus melakukan evakuasi warga yang rumahnya terendam banjir. 

Evakuasi dengan mempergunakan sejumlah perahu, untuk daerah yang terendam banjir dengan ketinggian mencapai satu meter lebih. Tujuan utamanya evakuasi bagi warga yang sedang sakit, ibu hamil dan anak kecil.

“Kami sedang melakukan evakuasi di Dusun Bonjok Desa Sokawera, ada tim Linmas, Tim MDMC, serta Basrnas Cilacap, serta juga Faji dari Banjarnegara,”kata Topo. 

Data yang dihimpun oleh RRI dari berbagai sumber, luapan banjir Sungai Serayu terjadi di Kecamatan Somagede, tepatnya pada Desa Somagede dan Sokawera. Pada Kecamatan Banyumas, banjir melanda Desa Kalisube, Papringan, Sudagaraan, Pekunden, dan Kedunguter. 

Di Kecamatan Kalibagor banjir merendam Desa Kalibagor dan Srowot. Kemudian, banjir Kecamatan Patikraja terjadi di Desa Pegalongan dan Sokawera. Selain itu, Desa Banjarparakan, Kecamatan Rawalo juga terjadi banjir. (RA). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00