Mencemari Sungai Kabongan Kidul, Bangkai Ayam Dibakar

KBRN, Rembang : Ratusan bangkai ayam potong mencemari Sungai Kabongan Kidul, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Bangkai ayam itu ditemukan di bawah jembatan yang jadi akses masuk warga sejumlah perumahan di Desa Kabongan Kidul. Belum diketahui pasti dari mana asal ratusan bangkai ayam tersebut.

Namun, bau menyengat yang ditimbulkan bangkai itu meresahkan warga. Upaya pembersihan dilakukan warga setempat, Komunitas Relawan Independent, Tim Damkar dan Balakar and Rescue, Banser dari siang hingga petang. Ada yang dikubur, terdapat pula bangkai yang dibakar. Pembersihan bangkai ayam tidak semudah yang dibayangkan, karena di bawah jembatan dipenuhi batang- batang pohon yang menyangkut karena banjir pada Minggu (29/11/2020).

Hantoro warga setempat menuturkan bangkai ayam tersebut baru diketahui warga pada Senin, 30 November 2020. Baunya yang menyengat sangat mengganggu warga dan pengendara yang melintas.

"Senin pagi tahunya, baunya menyengat. Belum diketahui secara jelas, apa ayam itu dibuang atau terseret banjir, " ungkapnya.

Dalam upaya pembersihan sungai, Hantoro menggunakan satu unit mobil Jeep untuk membantu pengangkatan batang- batang pohon. Para relawan juga memakai mesin pemotong kayu untuk mempermudah pengangkatan batang pohon.

Salah satu relawan Balakar and Resque, Bagas Eka Hadi menuturkan, proses pengambilan bangkai ayam memang mengalami hambatan karena banyak batang pohon disana. Bangkai ayam yang sebagian dibakar diatas sungai, sebagian di bawah jembatan.

"Kami gali lubang untuk bakar bangkai ayam, tadi kesulitan ambil bangkainya karena ada pohon- pohon masih di bawah sungai. Ada juga yang terendam lumpur, " pungkasnya. (MCS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00