Pantau Dapur Umum Banjir Rob, Bupati Kendal Cek Ketersediaan Logistik

KBRN, Kendal : Bupati Kendal Dico M Ganinduto bersama Kapolres Kendal dan Dandim 0715 Kendal mengunjungi sejumlah lokasi yang terkena banjir rob, Selasa (24/5/2022) sore. Lokasi yang dikunjungi di antaranya dapur umum di Kelurahan Karangsari Kendal. Sementara di Kelurahan Bandengan, Bupati menyerahkan bantuan beras untuk warga terdampak banjir rob. 

 

Banjir rob sempat surut pada Senin malam hingga Selasa siang, namun menjelang sore banjir rob datang lagi yang kondisinya hampir sama dengan rob kemarin. Dapur umum pun masih terus beroperasi untuk memberikan bantuan makanan kepada warga. 

 

Data dari Dinas Sosial Kendal, banjir rob kali ini menimpa 8 desa di 5 kecamatan, yakni Desa Mororejo dan Wonorejo Kecamatan Kaliwungu, Desa Kartika Jaya dan Pidodo Kulon Kecamatan Patebon, Desa Gempolsewu Kecamatan Rowosari, serta Kelurahan Bandengan dan Karangsari Kecamatan Kendal. Banjir rob terparah di Kelurahan Karangsari dan Desa Mororejo.

 

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, terdapat 8 desa dan kelurahan yang terdampak banjir rob, namun untuk dapur umum hanya di 5 tempat, karena di tempat lainnya meminta bantuan berupa beras. Bupati memastikan warga yang terdampak banjir, tercukupi kebutuhan makannya. Demikian pula untuk tempat tinggal, pihaknya siap menyediakan tempat pengungsian. 

"Kami pastikan mereka semua bisa makan, kami pastikan mereka semua bisa tidur, kalau menginginkan untuk diungsikan, kami akan siapkan tempat pengungsian. Dan hari ini sudah ada 107 warga mengungsi di masjid dan musholla, karena mereka menginginkan di masjid dan musholla, dan itu sudah difasilitasi dengan dapur umum," katanya.

 

Darmanto, warga Kelurahan Karangsari mengatakan, rob sudah sering terjadi di setiap tahun, namun dua hari ini merupakan banjir rob yang paling besar selama ini. Selama sepekan ini tidak melaut, karena kondisi laut cukup ekstrim. "Adanya rob besar ini, kondisi makin sulit, saya tidak melaut sudah satu minggu," ujarnya.

Ia mengaku sudah mendapat bantuan makan yang dikirim dari kelurahan. Ia berharap kondisi laut normal kembali, sehingga bisa melaut seperti biasa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar