Gudang Penggilingan Tebu Terbakar, Kerugian Rp 150 Juta

KBRN, Kudus : Sebuah gudang penggilingan tebu milik H Sugiono (52) warga Dukuh Masin, Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Selasa (24/5/2022) sekitar jam 13.30 WIB, terbakar. Kebakaran tersebut meludeskan gula merah yang siap dipasarkan dan tebu siap giling.

Menurut Kepala BPBD Kudus, Renardi Budiyanto, kebakaran itu diketahui oleh para pekerja yang tengah membuat gula merah.

“Pak Solihin anak buah H Sugiono bersama 3 temannya sedang mengolah tebu untuk dijadikan gula merah. Kemudian pak Solihin ingin mengecek keadaan tungku masak gula. Tiba- tiba dia melihat api sudah membesar dari arah utara,” terang Renardi, Selasa (24/5/2022).

Kemudian, dia bersama 3 temannya segera mengambil air di bak gudang tersebut dengan mengunakan ember. Namun, api tidak bisa dikendalikan dan semakin besar. Lalu mereka berempat meminta bantuan kepada pemdes setempat agar melaporkan kejadian ini kepada petugas damkar dari BPBD Kudus.

“Kemungkinan kebakaran ini dipicu dari api dari tungku masak gula dan menyambar ampas tebu yang sudah kering. Ampas tebu kering itu katanya sudah ditimbun selama satu tahun. Kerugian sekitar Rp 150 juta,” tutup Renardi. (RK)  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar