Seribuan Rumah Warga Terkena Banjir Rob di Kendal

KBRN, Kendal : Banjir akibat air pasang dari laut atau rob melanda wilayah pesisir Kabupaten Kendal dengan ketinggian hingga satu meter, Senin (23/5/2022). Banjir rob terparah ini terjadi kawasan Pantai Ngebum di Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kelurahan Bandengan dan Karangsari Kecamatan Kota Kendal, dan Desa Kartika Jaya Kecamatan Patebon.

 

Akibat banjir rob ini, seribuan rumah warga terendam banjir hingga masuk kedalam rumah. Banjir rob paling parah di Desa Mororejo, Kaliwungu yang biasanya hanya menggenangi jalan, namun banjir kali ini sampai masuk ke dalam rumah. Air pasang mulai naik sejak pukul 14.00 WIB dan semakin parah hingga masuk ke dalam rumah.

 

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kendal Sigit Sulistyo mengatakan, berdasarkan pemantauan di lokasi, ada tiga kawasan yang terkena banjir rob, yakni di Kaliwungu, Kendal Kota dan Kecamatan Patebon. Berdasar pemantauan para petugas dan laporan dari aparat setempat, ada seribu rumah lebih yang tergenang banjir. “Di kawasan Pantai Ngebum Desa Mororejo sebagian warga mengungsi di masjid dan kerabat, sedangkan di Kampung Kisik Kelurahan Karangsari Kecamatan Kota Kendal belum ada yang mengungsi, namun sudah disiapkan dapur umum,” katanya.

 

Sakdullah, warga Kelurahan Bandengan mengaku, banjir rob memang sudah biasa terjadi, namun untuk kali ini merupakan yang terparah. “Biasanya tidak separah ini kalau rob paling di jalan saja tapi ini sudah masuk ke dalam rumah,” katanya.

 

  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar