Ratusan Rumah di Kota Kendal Terendam Banjir

KBRN, Kendal : Ratusan rumah  yang  berada di sepanjang Kali Kendal yang  terdiri dari  9  kelurahan di Kecamatan Kota Kendal  sejak Sabtu (27/11/2021) malam mulai terendam banjir. Air banjir berasal dari limpasan Kali Kendal dan kondisi laut yang mengalami rob. Ketinggian bervariasi antara  20  hingga 50  sentimeter, namun belum  ada  warga yang mengungsi.

Sembilan kelurahan yang terkena banjir adalah  Kelurahan Trompo, Kebondalem, Pegulon, Patukangan, Langenharjo, Pekauman, Balok, Ngilir dan Bandengan. Hampir semua  pemukiman warga  yang berada di dekat bantaran Kali Kendal tergenang  air dengan ketinggian bervariasi. Bagi  rumah yang sudah ditinggikan,  hanya  halaman yang  tergenang air.

Warga Kelurahan Pekauman, Heri Sutoko, air mulai masuk gang perumahan, Sabtu (27/11/2021) sekitar pukul 21.00 WIB. Banjir terjadi akibat hujan yang cukup lama, sejak Sabtu sore kemarin, walaupun dengan intensitas sedang. Menurutnya, banjir terjadi akibat kondisi sungai terlalu dangkal akibat sedimentasi. "Harapannya ya sungai segera dikeruk, supaya air sungai tidak cepat penuh dan mengalir lancar ke laut," harapnya.

Kasi Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kendal, Iwan Sulistyo mengatakan, untuk sementara belum ada pendirian dapur umum. Namun pihaknya terus memantau dan tetap siap siaga jika sewaktu-waktu ada permintaan pendirian dapur umum. "Kami berkoordinasi dengan pihak PUPR dan pihak dari Pusdataru untuk memantau kondisi sungai dan bendungan," katanya.

 Menurut dia, untuk wilayah kecamatan lain, sementara belum ada laporan kejadian banjir dari pihak kecamatan. "Yang banjir hanya di Kecamatan Kendal," ujarnya.

 

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar