Angin Puting Beliung Terjang Undaan, Ratusan Rumah Rusak

KBRN, Kudus : Memasuki musim penghujan, Kudus seringkali terjadi angin kencang atau angin puting beliung. Salah satu wilayah yang sering menjadi sasaran angin puting beliung adalah wilayah Kecamatan Undaan.

Seperti yang terjadi pada Kamis (21/10/2021) sore, sekitar pukul 15.45 WIB, hujan deras mengguyur Kecamatan Undaan disertai angin kencang yang melanda empat desa. Yakni Desa Glagahwaru, Medini, Kalirejo dan Lambangan.

Kepala Harian BPBD Kabupaten Kudus Budi Waluyo mengatakan, kejadian itu terjadi sekitar pukul 15.45 – 16.00 WIB. Diawali mendung tebal kemudian hujan turun dengan deras yang disertai angin kencang.

Meski hanya sekitar 15 menit namun ratusan rumah di empat desa mengalami kerusakan akibat genteng yang berterbangan dan juga atap rumah yang ambrol. Bahkan ada pula rumah yang roboh. 

“Sampai saat ini kami masih mendata ada tidaknya korban luka maupun jiwa. Rata – rata genteng rumah berterbangan akibat hembusan angin kencang itu,” katanya.

Tm relawan BPBD bersama warga sekitar melakukan pembersihan ke rumah warga yang menjadi korban puting beliung itu. Adapun data BPBD Kudus terkait ratusan rumah yang rusak akibat puting beliung tersebar di empat desa tersebut.

Desa Glagahwaru yang terparah akibat terjangan angin lesus itu. Di desa tersebut kata Budi Waluyo, terdapat 82 rumah rusak yang tersebar di lima RW.

“Desa Medini 2 rumah rusak, Desa Lambangan 3 rumah rusak dan Desa Kalirejo 19 rumah rusak. Untuk kerja bakti akan kita lanjutkan Jum’at (22/10/2021) besok pagi mas, bersama TNI/Polri dan relawan,” tutup Budi Waluyo. (Roy Kusuma)      

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00