Keunikan Karakter Bonsai Kelapa Karya Warga Kemiri Barat

KBRN, Batang : Totok Hariyanto (51) pecinta tanaman bonsai pada masa pandemi Covid-19 ini mengkreasi bonsai kelapa menjadi karya seni di Desa Kemiri Barat, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Minggu (1/8/2021).

Bukan hanya pecinta bonsai saja, namun Totok juga sebagai seniman memanfaatkan waktu luang di sela-sela pekerjaannya sebagai guru swasta. Inovasi baru pada masa pandemi Covid-19 bermacam-macam, karakter bonsai kelapa di antaranya wajah manusia, tupai, ayam, burung dan ikan.

“Ide awal sendiri untuk membuat karakter bonsai kelapa karena saya ingin mengkombinasikan bentuk unik dari bonsai kelapa dibuat menjadi karakter tertentu, soalnya setiap bonsai kelapa itu kadang bentuknya beragam dan nilai seni itu ada makanya saya sangat suka,” jelasnya.

Membuat karakter bonsai kelapa ini, lanjut dia, sebetulnya sangat mudah tinggal  mengimajinasikan bentuk bonsai kelapa menjadi karakter yang kita inginkan dengan melihat lekuk atau bentuk bonsai kelapanya. Setelah itu kita pahat dengan pisau.

“Penjualan karakter bonsai kelapa masih disekitar lingkup rumah saja. biasanya ada keluarga yang ingin menjenguk atau menjemput anaknya di pondok pesantren sekitar sini tertarik pada saat melihat karakter bonsai kelapa di halaman rumah saya lalu membeli,” ungkapnya.

Karakter bonsai kelapa dijual dengan harga Rp300.000,00 sampai Rp500.000,00 sesuai  tingkat kesulitan karakter yang dibuat.

“Kendalanya hanya pada menunggu masa pertumbuhan bonsai kelapa, karena yang dapat dibentuk karakter hanya bonsai kelapa yang sudah berumur 2 tahun minimal. Kalau kurang dari itu pertumbuhannya belum maksimal,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00