Antisipasi Musim Penghujan, BPBD Bentuk Forum PRB

KBRN, Kendal : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal membentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) yang terdiri dari beberapa komunitas dan relawan.

Ketua Forum PRB Selamet menjelaskan, dalam waktu dekat dalam menghadapi musim penghujan Forum PRB akan ikut membantu program besar yang ada di Kabupaten Kendal terutama di bidang BPBD.

“Kami dari Forum PRB akan membantu BPBD dan selama ini yang sudah dilakukan melakukan rapat koordianasi dalam rangka antisipasi menghadapi bahaya banjir, tanah longsor dan angin puting beliung” Jelas Selamet, Kamis (28/11/2019).

Adapun dalam kegiatan awal dari Forum PRB, Selamet mengatakan akan segera mengukuhkan anggota dan dilanjut merencanakan beberapa kegiatan sosialisasi di tingkat Kecamatan. Sedangkan untuk kegaiatan yang berhubungan dengan musim penghujan, Forum PRB akan melakukan apel siaga bencana.

Tujuan utama dari apel siaga bencana untuk memberikan kepastian, bahwa Forum PRB siap mengahadapi musim penghujan tahun 2019-2020. Hal ini menyikapi adanya prakiraan dari puncak musim hujan di bulan januari –februari tahun 2020.

Sementara Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jateng Retno mengatakan, Provinsi Jawa Tengah pada umumnya mempunyai potensi terjadinya bencana. Ancaman bencana di Jawa Tengah di antaranya banjir, tanah longsor, gelombang ekstrim dan abrasi, termasuk gempa bumi kekeringan, angin, dan kebakaran 

"Potensi terjadinya bencana di Kabupaten Kendal ini hampir sama dengan di Jawa Tengah, oleh karena itu bagi Pemerintah Kabupaten Kendal agar bisa menurunkan resiko bencana," jelas Retno. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00