Dukung UMKM, Salatiga Luncurkan Kredit Sami Bingah

Acara Peluncuran Kredit Sami Bingah dan Gerakan Salatiga Menabung (dok. humaskotasalatiga)

KBRN, Salatiga : Kredit Usaha Mikro Bersubsidi Bunga (Kredit Sami Bingah) resmi diluncurkan Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi di pendapa Pakuwon Kota Salatiga, Kamis (11/8/2022).

Launching ditandai dengan pemukulan gong oleh Pj Wali Kota yang didampingi Sekda Kota Salatiga. Kredit Sami Bingah ini ditujukan untuk memfasilitasi pelaku usaha yang ingin menambah modal usaha dengan bunga yang minim. Subsidi bunga pinjaman akan diberikan dengan kisaran 0,5% setiap bulannya dengan plafon 10-15 juta untuk pelaku usaha yang belum memiliki omzet tinggi.

Selain Kredit Sami Bingah, dalam acara tersebut turut diluncurkan Gerakan Salatiga Menabung bagi pelajar dan mahasiswa. Sekda Kota Salatiga, Wuri Pujiastuti dalam laporannya, menyampaikan peran Pemkot Salatiga dalam memfasilitasi pelaku usaha dan target dari Gerakan Salatiga Menabung.

“Tentunya, kita mengenal kredit usaha mikro yang dilaksanakan dengan bersubsidi bunga, didukung dan kita fasilitasi Pemkot Salatiga atas rekomendasi dari Pj. Wali Kota Salatiga yang sangat berpihak kepada UMKM. Gerakan Salatiga menabung ini menargetkan 3000 Orang, dari TK/SD dan SMP, saat ini mencapai 54,37% terdiri 1150 SD/TK dan 481 SMP. Juga diberikan bantuan kepada siswa berprestasi kurang mampu, yang saat ini sudah tersalurkan Rp. 890.750.000. Harapannya pada tahap berikutnya bulan Desember bisa terpenuhi target yang ditentukan,” jelasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan secara luring dan daring ini, selain bentuk kepedulian Kota Salatiga mendukung pelaku UMKM, juga merupakan salah satu visi dan misi Kota Salatiga sebagai Kota Pendidikan. Pada akhir acara, diserahkan secara simbolis buku tabungan kepada pelajar, sebagai salah satu langkah untuk mewujudkan Gerakan Salatiga Menabung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar