Dapat Bankeu Gubernur, Akses Menuju BIP Bakal Mulus

KBRN, Batang : Akses menuju kawasan Batang Industrial Park (BIP), Jalan Raya Bandar – Tulis dalam waktu dekat, akan semakin mulus karena mendapatkan Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebesar Rp 12 miliar. Bantuan difokuskan pada perbaikan infrastruktur, dalam mendukung sektor industri, ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

Pemerintah Kabupaten Batang merealisasikan Bankeu tersebut untuk memperbaiki sarana prasarana seperti jalan penghubung ke beberapa akses vital, menuju Pasar Bandar, Puskesmas Bandar, sejumlah institusi pendidikan hingga memudahkan pekerja menuju kawasan BIP.

Kepala Bidang Prasarana Jalan dan Jembatan, DPU-PR Batang Endro Suryono mengatakan  proses pengerjaan dimulai sejak bulan Juli dan ditargetkan akan selesai hingga November mendatang.

“Perbaikan infrastruktur diawali dari Polsek Tulis hingga Pasar Bandar. Nantinya akses warga menuju kawasan perekonomian makin mudah, terlebih di BIP, akan ada perusahaan besar seperti Nestle dan banyak perusahaan besar lainnya,” terangnya, saat ditemui, di Kantor DPUPR Kabupaten Batang, Selasa (9/8/2022).

Ia memastikan, warga setempat akan makin nyaman melintas ke kawasan BIP.

“Saat ini akses menuju Puskesmas Bandar memang sudah sulit dilalui karena banyak lubang. Rencana seluruhnya akan kami rigid selebar 6 meter dengan nilai kontrak Rp10,22 miliar,” terangnya.

Ia mengharapkan masyarakat setempat penuh rasa maklum khususnya yang melewati jalan tersebut, karena akan sedikit tersendat selama tiga bulan ke depan.

“Itu semua karena ada petugas konstruksi dan alat berat yang masuk untuk sementara. Jadi harap maklum,” imbaunya.

Kemudahan lain ketika akses jalan selesai diperbaiki, akan menyingkat waktu masyarakat saat melintas di Jalan Raya Bandar – Tulis.

“Jika sebelumnya 20-25 menit, nanti bisa menyingkat waktu hingga 10 menit. Tapi yang perlu diingat, pengendara khususnya sepeda motor tetap melaju dengan kecepatan standar, agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas,” tegasnya.

Ia juga mengharapkan, jalan yang telah selesai nanti, kendaraan yang melintas sesuai kapasitas.

“Jangan sampai berlebih. Batas maksimalnya berat kendaraan yang masih bisa ditoleransi hingga 12 ton,” tandasnya. (MC Batang Jateng/Heri)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar