Muhammadiyah Kudus Gelar Salat Idul Adha di 35 Titik

KBRN, Kudus : Pemerintah telah menetapkan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Minggu (10/7/2022). Namun, Muhammadiyah telah menetapkan pelaksanaan Idul Adha jatuh pada Sabtu (9/7/2022). Di Kudus pelaksanaan salat Idul Adha untuk PD Muhammadiyah akan dilaksanakan di 35 titik, antara lain di Stadion Wergu Wetan Kudus dan halaman ADA Swalayan.

Selain itu juga digelar di sejumlah lapangan sepakbola, seperti di Desa Getas Pejaten (Kecamatan Jati) serta Desa Besito (Gebog). Lalu dilapangan MAN 2 Kudus serta lapangan PR Djambu Bol Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kudus Suhadi mengatakan, perbedaan waktu pelaksanaan Hari Raya Idul Adha di Kudus tidak ada masalah. Baik yang melaksanakan pada hari Sabtu (9/7/2022) maupun yang melaksanakan hari Minggu (10/7/2022). Perbedaaan waktu pelaksanaan seperti itu sudah menjadi hal yang biasa sesuai dengan keyakinannya.

“Di Kudus tidak ada masalah. Dipersilakan bagi yang mau melaksanakan sholat Idul Adha pada hari Sabtu (9/7/2022) maupun pada hari Minggu (10/7/2022). Di Kudus selalu kondusif dan tidak dipermasalahkan,” kata Suhadi, Selasa (5/7/2022).

Toleransi di Kudus imbuh dia sangat tinggi sehingga perbedaan waktu pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tidak menjadi permasalahan. Seperti halnya pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri pun pernah beberapa kali terjadi perbedaan waktu pelaksanaan juga tidak ada masalah.

“Kami persilakan masyarakat Kudus yang akan melaksanakan sholat Idul Adha pada hari Sabtu (9/7/2022) ataupun pada Hari Minggu (10/7/2022),” tutup Suhadi. (RK)     

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar