Jelang Hari Raya Kurban, Kasus PMK Demak Capai 561 Ekor Hewan Ternak

KBRN, Demak :  Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Demak per 28 Juni 2022  telah memeriksa sebanyak 7.030 sample hewan ternak. 

"Penyebaran virus penyakit mulut dan kuku (PMK) sudah ada 561 kasus yang meliputi 429 total kasus aktif dan total sembuh 132 ekor," kata Dyah Purwatiningsih Kabid Peternakan dan Kesehatan Dinas Pertanian dan Pangan Demak, dikutip rri.co.id, Sabtu (2/6/2022). 

Dyah menjelaskan, angka kasus penyebaran PMK terus meluas dan jumlahnya melonjak signifikan. Memasuki awal Juli ini sedikitnya ada 13 Kecamatan dan 45 desa masuk zona merah. 

"Jadi semua kecamatan Kabupaten Demak ini sudah terpapar PMK, kecuali di Kecamatan Bonang," jelasnya. 

Analisa Satgas kesehatan hewan di beberapa pasar hewan, kata Dyah, mengidentifikasi temuan kasus PMK berasal dari hewan ternak yang tidak dilengkapi SKKH. 

"Tracking dan tracing hewan ternak terpapar PMK ternyata disebabkan pedagang dan pengepul yang memperjualbelikan hewan ternak dari luar daerah tidak dilengkapi SKKH," ujar Dyah.  

Lebih lanjut, Dyah mengungkap, jumlah permintaan sapi dan kambing kurban yang terus meningkat dari Dinas Pertanian dan Pangan, TNI, dan Polri kembali memperketat distribusi pengiriman hewan ternak. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar