Anakan Buaya dan Ular Diserahkan BKSDA RKW 1 Pati

KBRN, Pati : Dalam sepekan terakhir ini, Kabid Damkar Satpol PP Kabupaten Pati mengamankan dan mengevakuasi hewan liar yang membahayakan masyarakat. Selanjutnya, hewan itu diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Konservasi Wilayah (RKW) 1 Pati, Selasa (28/6/2022).

Kedua hewan liar yang membahayakan masyarakat itu, seekor anakan buaya sepanjang 0,6 meter dan seekor ular sanca kembang sepanjang 2,7 meter. Anakan buaya dievakuasi dari selokan salah satu hunian di Perumahan Sukoharjo Indah (PSI) Kecamatan Margorejo, dan ular sanca kembang dievakuasi di salah satu permukiman warga di Desa Doropayung, Juwana.

Menurut Kepala Satpol PP Pati Sugiyono, penangkapan dan evakuasi hewan-hewan tersebut, terjadi pada dua hari terakhir ini. Setelah masyarakat yang mengetahuinya, memberitahukan ke petugas Damkar Pati, setelah itu hewan liar tersebut diserhkan ke ke BKSDA RKW Pati.

“Ini sebagai wujud kepedulian, karena ini binatang-binatang yang harus dilindungi, sehingga kami serahkan kepada BKSDA,” jelasnya.

Sugiyono berharap, masyarakat bila menemukan atau menangkap hewan liar atau langka yang dilindungi, seperti ular, buaya, atau harimau, bisa berkoordinasi dengan Satpol PP. Informasi lalu akan disampaikan ke bagian petugas Damkar yang memiliki keterampilan menangkap dan mengevakuasi binatang liar.

“Masyarakat bisa berkoordinasi dengan kami, biar kami nanti yang selanjutnya setelah kami tangkap dan evakuasi, biar kami serahkan ke BKSDA,” ujarnya. Khusus untuk ular, atas saran BKSDA bisa berkoordinasi dengan pecinta reptil untuk dipelihara. (Agus Pambudi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar