KPHK Pati Barat Membuat Sekat Bakar di CA Kembang

Pembuatan Sekat Bakar
Petugas KPHK Pati Mencangkul Sekat Bakar
Pembersihan Rumput

KBRN, Semarang : Dalam rangka kesiapsiagaan menjelang masuknya musim kemarau, pada senin tanggal 27 Juni 2022 bersama Masyarakat Mitra Polhut (MMP) Desa Jinggotan melaksanakan kegiatan berupa pembuatan dan perawatan sekat bakar di Cagar Alam (CA) Kembang di Desa Jinggotan, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara. 

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kepala KPHK Pati Barat Budi Santoso ini melibatkan sebanyak 9 orang yang berasal dari KPHK dan MMP desa Jinggotan. Sekat bakar yang dibuat berupa parit selebar 1 meter dengan kedalaman kurang lebih 30 cm yang mengelilingi kawasan.

Budi mengatakan, CA Kembang berbatasan ini merupakan kawasan konservasi di bawah pengelolaan Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi (KPHK) Pati Barat, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah.  

"Kawasan seluas 1,8 hektare ini berbatasan langsung dengan Perhutani KPH Pati, tepatnya pada BKPH Klumo Bangsri pada petak 65b," imbuhnya. 

Dalam sejarah, CA Kembang pernah mengalami kebakaran pada tahun 2018 dan 2019 lalu. Kebakaran tersebut terjadi karena adanya kegiatan pembersihan lahan di wilayah sebalah cagar alam yang dilakukan dengan kurang hati-hati. 

"Upaya pembuatan dan perawatan sekat bakar ini dilakukan agar kejadian kebakaran di tempat yg sama tidak terjadi lagi, " terangnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar