Sejumlah RT Desa Sriwulan Masih Tergenang Rob, Ketinggian 30 Cm

KBRN, Demak : Jebolnya tanggul sungai Menyong, Sayung menyebabkan ribuan rumah warga Desa Sriwulan terendam rob. Bahkan, hingga hari kelima ini, sejumlah titik di antaranya masih tergenang. Salah satunya RT7 / RW4.

Ketinggian air bervariasi, rata-rata 30-40 cm. Warga tetap beraktivitas sembari membersihkan rumah mereka.

Ain, salah satu warga menuturkan, baru dua hari ini kembali bisa menggunakan peralatan elektronik, setelah instalasi listrik normal. Meski begitu, pasokan air bersih belum normal.

"Air artetis harus antre, apalagi kalau malam. Bantuan air sejumlah pihak sedikit mencukupi keperluan MCK," tuturnya, kepada rri.co.id, Sabtu (28/5/2022).

Senada, Bejo, warga lainnya, bercerita rob yang melanda desanya adalah terparah dalam tahun ini. Menurutnya, sebagian warga bahkan menduga kedatangan rob yang tiba-tiba sebagai tsunami.

"Hitungan detik air masuk ke rumah, biasanya pertanda datangnya rob bisa di prediksi. Tiba-tiba motor hanya kelihatan stang, semua warga berhamburan menyelamatkan diri," bebernya.

Bejo mengatakan, genangan rob yang belum juga surut menyebabkan sejumlah keluhan penyakit, seperti gatal-gatal, flu dan lainnya.

"Setiap hari masih beraktivitas di genangan rob, untuk mengambil air bersih juga mesti jalan kaki ke balai desa," ujarnya.

Sejumlah donasi berbagai pihak terus berdatangan. Total ada 6 posko dapur umum guna mencukupi kebutuhan warga sehari-hari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar