Jembatan Juwana Sisi Utara Tak Direkomendasikan Kendaraan Berat

KBRN, Pati : Setelah terimbas kebakaran rumah-rumah bedeng di bawahnya, Minggu (22/5/2022) dinihari, jembatan utara Juwana di jalur pantura wilayah Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, tidak direkomendasikan untuk dilewati. Dampak kebakaran itu mengakibatkan sebagian kontruksi besi jembatan rapuh, dan banyak yang melengkung.

Kontruksi bangunan besi jembatan Juwana sisi utara mengalami kerusakan. Bukan hanya hangus, tapi dampak kebakaran rumah bedeng liar itu, juga besi kontruksinya ikut melengkung dan sejumlah baut dan mur penyangga terlepas.

Koordinator Kontruksi PT Bukaka Jakarta Jasmin menyatakan, kerusakan kontruksi besi, sehingga kendaraan berat tidak direkomendasikan melintasi jembatan tersebut.

“Untuk saat ini sebetulnya tidak rekomendasi dilewati, tapi untuk sepeda motor dan kendaraan pribadi aja yang bisa kalau untuk truk sama bus tidak rekomendasi,” kata koordinator kontruksi PT Bukaka Teknik Utama, Jakarta, Jasmin saat diwawancara di lokasi, Senin (23/5/2022) pagi.

Rencana, pihaknya akan membongkar jembatan Juwana pada 4 Juni 2022 lalu. Karena terdampak kebakaran, dan banyak kondisi besi jembatan yang melengkung, sehingga pihaknya akan mempercepat pembongkarannya. “Dengan kejadian ini mungkin akan dipercepat pembongkaran dan langsung ditutup saja. Jadi dialihkan jalan ke sebelah diberlakukan contra flow,” terang dia.

Untuk tutup total arus lalulintas yang melintasi jembatan juwana sisi utara turut Desa Doropayung Juwana itu, kata Jasmin, pihaknya masih menunggu izin dari Bupati Pati, Dishub, dan Polres Pati. (Agus Pambudi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar