Meningkat 2 Kali Lipat, Ini Tren Belanja 2021 di Jawa Tengah dan Solo di Tokopedia

KBRN, Semarang : Tokopedia mencatat jumlah transaksi sepanjang 2021 meningkat hampir dua kali lipat di Jawa Tengah dan Solo. Kategori Kesehatan, Handphone dan Tablet, Elektronik, Makanan dan Minuman, Otomotif menjadi beberapa kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi. 

"Sedangkan dari sisi konsumen, Tokopedia mencatat terjadinya peningkatan pengguna hampir dua kali lipat di Jawa Tengah pada periode 2021 dibandingkan pada tahun 2020. Kini masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia bisa mengakses produk dan layanan Tokopedia, serta membeli dan memakai produk dari toko lokal untuk berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional," kata Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, Jumat (20/5/2022). 

Tren belanja di Tokopedia ini, lanjut Chandra, turut didorong oleh deretan inisiatif mulai dari Home Living SALEbrations, yang merupakan kampanye terbesar pada kategori Rumah Tangga. Termasuk juga Tokopedia Peduli Sehat, yang bekerja sama dengan pegiat usaha di industri kesehatan.

Selain itu,  Tokopedia NOW! yang membantu masyarakat memenuhi produk harian dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran. Juga Tokopedia Nyam! di mana masyarakat bisa

mendapatkan produk makanan dan minuman dengan lebih mudah, aman dan efisien. Berbagai macam produk teknologi terkurasi dengan jaminan harga murah juga dihadirkan melalui Tokopedia Tekno.

Chandra mengatakan, Tokopedia juga terus memberikan panggung seluas-luasnya kepada pegiat usaha, termasuk pegiat UMKM lokal, untuk bisa beradaptasi di tengah pandemi melalui pemanfaatan teknologi melalui beberapa inisiatif hyperlocal. 

"Salah satu inisiatif hyperlocal adalah dengan mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan UMKM di seluruh penjuru Indonesia dengan pembeli setempat agar memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh, misalnya lewat kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP)," imbuhnya.

Saat ini, Tokopedia juga mengadakan Kelas Maju Digital (KMD) yang dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia. Webinar telah sukses dilaksanakan di Jakarta dan di kota lainnya seperti; Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Tangerang, Sumatera, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara yang sukses dihadiri oleh lebih dari 1.000 seller.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar