IBI Kabupaten Magelang Gelar Gebyar Pelayanan KB

KBRN, Magelang : Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Magelang bekerja sama dengan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPKB PPPA) Kabupaten Magelang menggelar pelayanan kontrasepsi gratis.

“Kegiatan itu dalam rangka memperingati HUT ke-7 IBI dan diperingati setiap 24 Juni,” kata Ketua IBI Kabupaten Magelang Sri Kuswanti.

Sumarsih mengatakan, adapun layanan kontrasepsi gratis tersebut berupa kontrasepsi KB metode kontrasepsi jangka panjang (KB-MKJP), berupa implan dan intrauterine device (IUD) atau spiral.

Menurutnya, pentingnya pelayanan KB tersebut yang untuk meningkatkan cakupan kepesertaan KB MKJP di Kabupaten Magelang  dan  meningkatkan kesehatan ibu dan anak, serta penurunan stunting ( kekerdilan anak).

"Harapannya dengan KB tidak ada kematian ibu, kesehatan ibu selalu terjaga, tidak ada kematian bayi lahir. Karena,bayi yang lahir secara terencana dengan baik akan sehat dan mendukung penurunan angka stunting," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya menargetkan sebanyak 1.274 aseptor KB terlayani dalam Gebyar Pelayanan KB di Kabupaten Magelang.

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya juga melaksanakan kegiatan serupa di delapan lokasi dan dipusatkan di masing-masing pengurus ranting IBI. Yakni, di eks Kawedanan Tegalrejo, Grabag, Salaman, Muntilan, Bandongan dan Salam.

“Kegiatan Gebyar Pelayanan KB ini akan berlangsung hingga 15 Juni mendatang,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiata lainnya yang juga merupakan rangkaian peringatan HUT ke-71 IBI, para bidan melalui praktik mandiri bidan dan klinik keluarga berencana masing-masing,  memberikan layanan imunisasi dasar bagi anak-anak. Dyas

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar