Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Demak, Tercatat 853.709 Orang

KBRN, Demak : KPU Kabupaten Demak melaksanakan Rapat Pleno Rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan periode bulan Januari 2022,  Rabu (26/1/2022). 

Berdasarkan hasil Rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan bulan Januari 2022, diperoleh penyesuaian Data Pemilih Berkelanjutan semula 853.709 pemilih. Rinciannya, jumlah pemilih laki-laki 426.717 orang, sedangkan perempuannya 426.992 orang. 

Namun, pada periode bulan Januari ini menjadi 853.475 pemilih, dengan rincian jumlah pemilih laki-laki 426.595 pemilih, jumlah pemilih perempuan 426.880 pemilih. 

"KPU Kabupaten Demak mendapatkan beberapa masukan dari Kodim 0716 Demak, perihal potensi pemilih baru sejumlah 3 orang (pensiun).  Serta masukan pemilih TMS sejumlah 1 orang tetapi tidak dapat ditindaklanjuti karena tidak ada di DPT," ujarnya.

Sementara itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Demak perihal pemilih ubah status perekaman KTP-el dari pemilih DPT sejumlah 134 orang. 

Adapun, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II mengusulkan potensi pemilih baru pada Pemilu/Pemilihan yang akan datang sejumlah 93 orang. 

Tidak hanya itu, dari Pengadilan Agama Kabupaten Demak perihal ubah status perkawinan sejumlah 39 orang.  Tetapi belum dapat ditindaklanjuti karena sedang menunggu proses validasi dari Dindukcapil. 

"Perihal pemilih TMS meninggal di beberapa desa yaitu, Desa Donorejo Kecamatan Karangtengah, Desa Kebonsari Kecamatan Dempet, Desa Sambung Kecamatan Gajah dan Kelurahan Bintoro Kecamatan Demak sejumlah 230 orang," tuturnya. 

Nur Hidayah mengatakan, pengecekan ini dimaksudkan agar menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 masyarakat Kabupaten Demak dapat memastikan dirinya sudah terdaftar dalam daftar pemilih.  

"KPU Kabupaten Demak berharap ada peran aktif masyarakat terhadap pendaftaran pemilih melalui pemutakhiran data pemilih berkelanjutan," katanya. 

Menurutnya, peran aktif ini menjadi salah satu indikator untuk peningkatan kualitas daftar pemilih pada Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024 yang akan datang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar