Peserta Seleksi Calon Peserta Pelatihan di BLK Kendal Membludak

KBRN, Kendal : Peminat pelatihan di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kendal cukup banyak. Fakta ini terlihat saat seleksi peserta pelatihan tahap pertama tahun 2022 yang digelar pada Rabu (26/1/2022). Seleksi diikuti 349 peserta, padahal yang diterima sesuai kuota hanya 48 orang, untuk tiga kelas, yang masing-masing kelas 16 orang.

Kepala UPTD BLK, Hendro Setiyo Utomo mengatakan, pada tahap pertama dibuka 3 kelas, yaitu 2 kelas pelatihan menjahit garmen dan 1 kelas pelatihan las. Seleksi meliputi tes tertulis dan tes wawancara. Untuk tes tertulis menggunakan google form yang dilakukan dengan HP android  masing-masing peserta. "Sudah dua tahun ini tes tertulis dengan google form, namun untuk kali ini ada fasilitas WiFi," katanya.

Pada tahun anggaran 2022, BLK Kendal membuka 7 kelas pelatihan dengan anggaran dari APBN, meliputi 5 kelas pelatihan menjahit garmen, 1 kelas pelatihan las dan 1 kelas pelatihan seluler. Sedangkan dari APBD Kabupaten meliputi 2 kelas pelatihan menjahit garmen, 1 kelas pelatihan las, 1 pelatihan servis sepeda motor, 1 kelas pelatihan elektronik dan 1 kelas pelatihan tata rias.

Dikatakan, tahun ini BLK Kendal lebih banyak membuka pelatihan menjahit garmen, karena ada permintaan tenaga kerja menjahit dari perusahaan garmen di Kawasan Industri Kendal yang banyak membutuhkan karyawan. "Kami sudah berkoordinasi dengan perusahaan, khususnya PT Eclat di KIK yang tiap bulan membutuhkan 100 karyawan, karena sedang pengembangan," jelasnya.

Ardiansyah (19), seorang peserta memilih ikut seleksi pelatihan las, karena ingin cepat mendapatkan pekerjaan. Remaja yang baru lulus SMA itu berharap bisa masuk pelatihan las, agar cepat mendapatkan pekerjaan dengan bekal keterampilan mengelas. "Ikut pelatihan las untuk mendapatkan sertifikat supaya cepat bekerja," ujarnya.

Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kendal, juga membuka pelatihan berbagai jenis keterampilan di luar BLK. Pelatihan di luar BLK ini bekerja sama dengan lembaga-lembaga pelatihan.

 

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar