Masyarakat Serbu Vaksin Booster Polda Jateng

KBRN, Semarang : Antusiasme masyarakat tampak untuk melakukan vaksinasi booster yang digelar Polda Jateng melalui Bidang kedokteran dan kesehatan (Biddokkes), Minggu (23/1/2022).

Vaksinasi digelar di dua lokasi yakni depan SMA Negeri 1 Semarang dan depan Lapangan Tri Lomba Juang (TLJ).

Pantauan RRI didepan SMA Negeri 1 Semarang, calon penerima sembari bermingguan dengan protokol kesehatan mereka tertib mengantre mengular, sebagian duduk ditrotoar sejak pukul 6.00 WIB.

Tampaknya atusias yang tinggi membuat stok vaksin Moderna di depan SMA Negeri 1 Semarang ini ludes pada pukul 8.00 pagi. Masyarakat yang terlanjur ingin boosterpun akhirnya diarahkan untuk menuju ke titik vaksin lain di Lapangan Tri Lomba Juang yang masih tersedia.

Salah satu calon peserta vaksin yang tidak kebagaian, Imam (33) memilih untuk menuju ke Lapangan Tri Lomba Juang.

“Mau menuju ke tri lomba juang aja mbak, motivasinya sih  ini mematuhi perintah dari pemerintah aja sih, karena kan sudah vaksin da kali juga,” katanya.

Warga Semarang yang baru saja booster sembari bermingguan bersama sanak keluarganya, Ari Sudewi (51), mengapresiasi Polda Jateng yang telah menfasilitasi adanya booster vaksin ini.

“Ya alhamdulillah ga ada efek apa apa itu, ya biar ini imunitasnya tinggi ya bisa pergi kemana-mana, baik sekali Polda Jateng bisa meningkatkan kesehatan masyarakat dan membantu pemerintah,” ujarnya.

Kasubid Kespol Biddokes Polda Jateng, Kompol Yayuk Sulistiyaningsih yang turut memandu jalanya vaksin membenarkan antusias masyarakat luar biasa sejak pagi.

“Makanya itu sampai kita menolak-nolak, artinya itu kita proses yang sudah mendaftar dulu, kita kan bertahap ya nanti siang masih ada sore juga masih ada, kita setengah 6 itu sudah banyak yang antri mbak,” tutur saat dijumpai RRI dilokasi vaksin, Minggu (23/1/2022).

Selain, melayani vaksin tampak gerai vaksin ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tetap patuh prokes.

“Tidak hanya semata mata vaksin saja, jadi tetap prokes njih, jadi bapak ibu kemana mana tetap harus mengunakan masker yang benar, makai masker jangan diplorotkan njih, apalagi pakai masker kagem di leher ampun gih, sesuai dengan fungsi keperuntukannya,” ujar Yayuk.

Dokter ini berpesan agar masyarakat beristirahat yang cukup usai vaksin.

“Hari ini vaksin yang diberikan mengunakan merek moderna, sehingga setelah pulang dari vaksin bapak ib tetap istirahat cukup, makan yang bergizi, jangan capek capek, karena setelah vaksin ada reaksi sedikit untuk antibody jadi harus istirahat yang cukup,” pungkasnya.

Seperti diberitakan RRI Sebelumnya, terdapat seribu dosis vaksin yang disediakan Polda Jateng.

"Kami siapkan 1.000 dosis vaksin  booster dan ada 5 tim tenaga kesehatan yang dikerahkan sebagai vaksinator," ujar Kabiddokes Polda Jateng, Kombes Summy Hastry.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar