Empat Pasien Covid-19 Varian Omicron Dinyatakan Sembuh

KBRN, Semarang : Empat dari enam orang di Kota Semarang yang terpapar Covid-19 varian omicron kini sudah dinyatakan sembuh, dan sisanya masih menjalani perawatan di Rumah sakit. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang Moh Abdul Hakam menjelaskan,mengirim 25 sampel untuk pemeriksaan whole genome sequencing (WGS). Dari 25 sampel tersebut, empat sampel merupakan virus varian Omicron. Bahkan empat orang tersebut sudah melakukan vaksinasi Covid-19. 

"Pagi tadi dikabari provinsi, dari 25 sampel WGS yang dikirim (ke laboratorium) ditemukan ada empat orang positif Covid-19 varian Omicron dan sisanya varian Delta," ungkap Hakam, Jumat (21/1/2022). 

Temuan ini dari indeks kasus impor karena dari perjalanan luar negeri yakni wilayah Asia Tenggara.Bahkan pasien tersebut sudah menjalani karantina selama tujuh hari di Wisma Atlet. 

"Sehari sebelum kepulangan muncul demam. Sebelum pulang, tgl 31 Desember, dua kali melakukan swab PCR semua negatif. Inisiasi ketika sampai di Semarang karena merasa tidak enak, melakukan PCR ulang ternyata hasilnya positif. Tanggal 1 Januari pemeriksaan, hasilnya tanggal 3 Januari. Tanggal 5 Januari baru lapor ke puskesmas," jelas Hakam, Jumat (21/1/2022).  

Setelah sampai Kota Semarang, karena merasa tidak enak badan lantas dilakukan tes swab PCR ulang pada 1 Januari 2021. Kemudian, pada 3 Januari 2021 hasilnya dinyatakan positif Covid-19 dan pada 5 Januari melapor ke puskesmas. 

"Dinas Kesehatan lalu melakukan tindak lanjut mengingat CT value pasien di bawah 30. Kemudian mengambil sampel untuk diperiksa WGS. Hasilnya baru diketahui Jumat pagi" imbuhnya 

Dari kasus ini, kontak lini pertamanya terpapar sehingga menjadi empat kasus. Hakam melanjutkan, dari hasil tes lini kedua sebanyak 14 orang serta lini ketiga sebanyak 15 orang dinyatakan negatif.  

"Dari indeks kasus ini termuat lini pertamanya mulai istri, anak, dan kakaknya positif. Lini kedua yang berhubungan kontak erat dengan yang bersangkutan terus terang dia hanya ke minimarket. Nanti, kami akan exceed test lagi untuk lini kedua dan ketiga," katanya 

Hakam mengungkapkan, saat ini keluarga yang positif varian omicron tersebut kondisinya sehat dan melakukan isolasi mandiri. Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap empat orang tersebut hasilnya juga sudah dinyatakan negatif. 

Adapun dua kasus Omicron lainya, saat ini masih dirawat di rumah sakit yakni di RS Elisabeth dan RS Bhayangkara. 

Mereka merupakan warga luar Kota Semarang yang berdomisili di Semarang karena pekerja di sebuah perusahaan BUMN. Kondisi mereka mengalami flu yang belum kunjung sembuh. 

"Yang di Bhayangkara sekitar tanggal 9 Januari flu tidak sembuh-sembuh. Kemudian,  tanggal  11 swab antigen hasilnya positif, kemudian diperintahkan PCR hasilnya positif. Sekarang dirawat di Bhayangkara," ucapnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar