23 Daerah di Jateng Penuhi Kriteria Gelar Vaksinasi Booster

KBRN, Semarang : Vaksinasi ketiga atau vaksin Booster telah dimulai dilaksanakan pada 12 Januari 2022. Saat ini belum seluruh wilayah di Jawa Tengah bisa melaksanakan vaksinasi Booster, baru Kota Semarang yang sudah menggelar vaksin ketiga.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan syarat bagi kabupaten / kota yang akan memulai vaksin Booster adalah capaian vaksinasi dosis 1 diatas 70 persen,  dan 60 persen untuk dosis 2.

“Bagi kabupaten / kota yang masih dibawah 70 persen, itu harus diselesaikan dulu. Jangan sampai nanti sudah menggarap vaksin Booster, tapi vaksin primernya tidak tergarap,” ucap Yulianto Kepada RRI Jumat (14/1/2022).

Menurutnya, dari catatan Kementerian Kesehatan terdapat 23 Kabupaten / Kota di Jawa Tengah yang memungkinkan untuk melakukan vaksin ketiga dengan ketentuan antara lain, ketersediaan vaksin, prioritas bagi lansia dan penderita penyakit komorbid.

Ada mekanisme bagi masyarakat untuk mendapatkan di vaksin ketiga diantaranya harus mendaftar untuk ditentukan jadwal vaksinasi dan tempat penyuntikan vaksin. Warga yang mendaftar vaksin ketiga, wajib memperlihatkan tiket elektronik (e-tiket) yang dapat diakses diaplikasi peduliLindungi.

“Syarat mendapatkan vaksin ketiga adalah jarak minimal 6 bulan setelah penyuntikan vaksin dosis kedua,” tambahnya.

Terkait target, Yulianto menjelaskan tidak ada target selesai pelaksanaan vaksin ketiga,  sedangkan vaksin dosis pertama dan kedua ditargetkan selesai pada akhir bulan februari 2022. Saat ini ada 5 jenis vaksin yang direkomendasikan oleh BPOM yakni CoronaVac/ Sinovac, Pfizer, AstraZeneca, moderna, dan Zifivax.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar