Jalan Pongangan - Magangan Dibeton, Akses ke Kendal Hanya 20 Menit

KBRN, Kendal : Warga Desa Sidomakmur, Kecamatan Kaliwungu Selatan merasa senang dengan adanya pembangunan jalan cor beton sepanjang 4,820 kilometer menuju Dusun Magangan, Desa Jatirejo, Kecamatan Ngampel. Pasalnya, dengan dibangunnya jalan penghubung antara kecamatan ini, akses menuju Pasar Magangan hingga Kota Kendal menjadi lebih cepat dan nyaman.

Seorang warga, Junaedi mengatakan, jalan utama yang hampir setiap hari dilalui warga menuju pasar itu, sudah puluhan tahun selama ini kondisinya tidak bagus. Pasalnya, jalan hanya berupa tanah dan batu dan sebagian berupa aspal yang kondisinya rusak. Ia pun merasa senang karena jalannya sudah halus. "Puluhan tahun jalan tidak halus, sekarang sudah halus, Alhamdulillah senang," ujarnya, Selasa (7/12/2021).

Sekretaris Desa Sidomakmur, Sugiarti Wahyuni mengatakan, akses jalan yang melintasi kawasan Perhutani ini merupakan jalan utama bagi warganya untuk membawa hasil bumi pertanian, kebun maupun peternakan untuk dibawa ke Pasar Magangan.

Demikian pula bagi anak-anak yang bersekolah di Kecamatan Ngampel, Pegandon dan Kendal. Dengan dibangunnya jalan cor beton ini/ maka akses menuju Kota Kendal menjadi lebih cepat. Dalam kondisi rusak selama ini/ untu menuju ke Kota Kendal jika lewat Kaliwungu bisa mencapai 1 jam. Namun dengan dibangunnya jalan cor beton, maka perjalanan lebih cepat hanya sekitar 25 menit menuju Kota Kendal.

"Sebelum ada pembangunan jalan ini, masyarakat kami kalau ke Kendal lewatnya Kaliwungu sekitar satu jam, atau lewat jalur Magangan, tapi jalannya jelek sekali, banyak warga, anak sekolah seringkali terjatuh," katanya.

Sementara itu, Dida Bachtawar Zardawi dari CV Sosrobahu Indo Perkasa selaku pelaksana pekerjaan jalan ini mengatakan, jalan yang dicor beton sepanjang 4,820 kilometer. Sampai saat ini, pengerjaannya tinggal menyisakan 1,2 kilometer dan ditargetkan satu pekan ke depan sudah selesai.  "Kendala pengerjaan jalan ini jika hujan, karena harus berhenti, tidak bisa ngecor," katanya.

Pembangunan jalan yang dimulai sejak 12 November lalu, sesuai kontrak harus selesai paling lambat sampai 27 Desember mendatang. Namun, dengan pengerjaan yang dikebut selama 24 jam, pertengahan Desember ini sudah selesai.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar