Di Tengah Pandemi Covid-19, Bulan Dana PMI Temanggung 2021 Capai 99 Persen

KBRN, Temanggung : Pencapaian bulan dana PMI Temanggung tahun 2021 mencapai 99 persen dari target sebesar Rp 1.242.415.000.

"Sedangkan perolehan bulan dana PMI tahun 2021 ini sebesar Rp 1.226.118.414," kata Komandan Kodim 0706/Temanggung Letkol  (Czi) Kurniawan Hartanto selaku Ketua Bulan Dana PMI Temanggung 2021 pada penyerahan hasil bulan dana PMI, Kamis (2/12/2021).

Kurniawan mengatakan, meskipun capaian tersebut belum sesuai target, namun perolehan tersebut melebihi perolehan pada tahun 2019 lalu sebesar Rp971.727.100, atau meningkat 33 persen.

Menurutnya, salah satu faktor penyebab tidak tercapainya target tersebut dikarenakan, hampir satu tahun ini seluruh siswa mulai tingkat SD hingga SMA/SMK tidak masuk sekolah, melainkan mengikuti pembelajaran secara daring.

“Tidak masuknya anak sekolah secara tatap muka langsung yang mengakibatkan pemasukkan dana PMI dari anak sekolah tidak maksimal,” kata Kurniawan .

Ia menambahkan, pada bulan dana PMI tahun 2021 ini, panitia dalam pengumpulan dana tersebut membagikan stiker bagi siswa tingkat SD hingga SMA sederajat dengan nominal Rp 2.000 per orangnya.

Selain itu, banyaknya pekerja pada perusahaan-perusahaan yang di –PHK di masa pandemic covid-19 ini juga menjadi faktor penyebab lainnya.

Di sisi lain, Dandim 0706/ Temanggung juga mengapresiasi bagi seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Temanggung yang telah berpartisipasi dalam pengumpulan bulan dana PMI 2021, meskipun masih berada di masa pandemic covid-19.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung, meskipun masih dalam kondisi pandemic covid-19, masih berpartisipasi dalam bulan dana PMI dengan menyisihkan sebagian dananya untuk membantu PMI,” ujarnya.

Pelaksanaan bulan dana PMI Kabupaten Temanggung 2021  tersebut dilaksanakan selama  tiga bulan, yakni mulai 1 Juli hingga 30 September dan kemudian diperpanjang 1-31 Oktober lalu.

 Ketua PMI Kabupaten Temanggung, Bambang Dewantoro mengatakan, pencapaian bulan dana PMI tahun 2021 ini dinilai sangat luar biasa, karena bisa tercapai sebesar 99 persen dari target  yang ditentukan. Pendapatan tersebut juga lebih besar 33 persen dari pencapaian bulan dana PMI di tahun 2019 lalu.

“Di tahun 2020 lalu, tidak dilaksanakan bulan dana PMI karena sedang terjadinya pandemic covid-19. Dan, pencapaian di tahun ini melebihi 33 persen dari hasil yang dicapai bulan dana PMI 2019 lalu,” kata Bambang.

Ia menambahkan,  dari hasil bulan dana PMI 2021 ini nantinya akan dikembalikan lagi untuk kepentingan masyarakat dan operasional kegiatan PMI Kabupaten Temanggung. Seperti, pelatihan pemusaran jenazah, penyemprotan cairan desinfektan serta kegiatan yang berkaitan dengan kemanusiaan lainnya.

Sementara itu, Bupati Temanggung M Al Khadziq mengakui,  dana sebesar Rp 1,2 miliar dari bulan dana PMI tahun 2021 ini sangat dirasakan kurang untuk kegiatan operasional PMI Temanggung.

 Ia berharap, dengan  semakin banyaknya kegiatan kemanusian dan PMI merupakan garda terdepan dalam menjalankan program kemanusiaan tersebut diperlukan dana yang sangat besar, sehingga PMI didorong bisa mendapatkan dana di luar  bulan dana PMI.

“PMI sebenarnya sangat memungkinkan  membuat unit usaha,tetapi unit usaha yang tidak bertentangan dengan regulasi yang ada,”kata Khadziq. Dyas

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar