Perumda Air Minum Tirta Gemilang Bagikan 1.925 Bibit Pohon

KBRN, Magelang : Perumda Air Minum Tirta Gemilang Kabupaten Magelang membagikan 1.925 pohon bagi tiga kecamatan daerah tangkapan air di wilayah itu. Yakni, Desa Polengan (Kecamatan Srumbung), Somokerto (Kecamatan Salam), dan Krincing (Kecamatan Secang).

"Bibit pohon yang dibagikan tersebut yakni pohon klengkeng, durian, alpukat, jenitri, dan aren," kata Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Gemilang Kabupaten Magelang, Agus Tri Suharyono, Senin (29/11/2021).

Agus mengatakan, bibir pohon tersebut  yang ditanam di Desa Polengan, Kecamatan Srumbung berupa 200 bibit pohon Aren, 150 bibit Beringin, 250 bibit Jenitri, 75 bibit Durian, 50 bibit Kelengkeng dan 50 bibit Alpokat.

Sedangkan di  Desa Somokerto, Kecamatan Salam, akan ditanami 250 bibit Jenitri, 100 bibit Durian, 75 bibit Kelengkeng, dan 75 batang bibit Alpokat.

“Bibit pohon yang akan ditanam di Desa Krincing, Secang, berupa 300 bibit Aren, 150 bibit Beringin, 50 bibit Kelengkeng dan 50 bibit Alpokat,” katanya.

 Hari ini melakukan khitanan massal 41 anak, memberi santunan kepada 41 anak yatim piatu, dan menyerahkan bantuan bibit tanaman kepada sejumlah desa yang ada resapan airnya. Itu dalam rangka mendukung program Pemkab Magelang berupa gerakan menabung air dengan melaksanakan konservasi daerah tangkapan air hujan dengan jenis kegiatan dan lokasi yang berbeda.

Selain itu, pihaknya juga  akan melakukan konservasi pola sipil teknis. Berupa pembuatan sumur resapan sebanyak delapan buah untuk konservasn sumber mata air  Gending di dua desa. Yakni, masing-masing empat buah  di Desa Sukorejo, Kecamatan Mertoyudan  dan di Desa Bondowoso, Kecamatan Mertoyudan.

Ia berharap, memasuki usianya ke-41 tahun Perumda Air Minum Tirta Gemilang Kabupaten Magelang, bisa lebih memberikan manfaat dan pelayanan yang lebih baik dan luas. Karena cakupan layanan saat ini belum ada 25 persen warga di daerah itu yang mendapat layanan air bersih.

“Saat ini ada 18 mata air yang dimanfaatkan  Perumda  Air Minum Tirta Gemilang. Sejauh ini persediannya masih mencukupi pelanggan,” ujarnya.

Agus menambahlan, selain 18 mata air yang telah dimanfaatkan, hingga saat ini masih ada  beberapa mata air yang belum dikelola oleh perusahaan. Ke depan akan dikelola dan dimanfaatkan, dengan tetap memperhatikan lingkungan.

Sementara itu, jumlah pelanggan Perumda Air Minum Tirta Gemilang, saat ini mencapai 65 ribu pelanggan, dan  mayoritas rumah tangga.

Agus menjelaskan, peringatan  HUT Perumda Air Minum Tirta Gemilang pada tahun ini beda dengan sebelumnya, karena ada perubahan badan hukum perusahaan, yang semula Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM ) menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda).

Diharapkan  perubahan itu , pelayanannya lebih maksimal.

“Sebaik – baiknya orang adalah yang banyak memberikan manfaat kepada orang lain dan sebaik-baiknya perusahaan adalah yang bisa memberikan manfaat, kontribusi, kepada lingkungan di mana perusahaan berada,” katanya.

Selain membagikan bibit pohon penghijauan, pihaknya Perumda Air Minum Tirta Gemilang dalam memperingati Semarak HUT ke-41 yang jatuh pada 1 Desember mendatang melakukan berbagai kegiatan. Yaknii, khitanan massal dan pemberian santunan bagi anak yatim  yang jumlahnya masing-masing 41 orang. Sedangkan, peluncuran logo baru yang semula bernama perusahaan daerah air minum (PDAM) menjadi Perumda tersebut  akan dilakukan pada 1 Desember mendatang. Dyas

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar