Kontributor Jatengprov Diminta Kreatif Dalam Meliput Peristiwa

KBRN, Batang : Para kontributor portal berita Jatengprov.go.id milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kini diminta lebih kreatif dalam meliput suatu peristiwa. Tidak hanya berkonsentrasi kepada seluruh kegiatan kepala daerah, melainkan beragam potensi daerah masing-masing pun, dapat menjadi daya tarik tersendiri.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh wartawan Suara Merdeka Setiawan Hendra Kelana, saat menjadi nara sumber pada kegiatan Monitoring dan Evaluasi Kontributor Berita Daerah Jatengprov.go.id, yang diikuti seluruh kontributor dari seluruh Jawa Tengah, di Hotel Santika Kota Pekalongan, Selasa (28/9/2021).

“Selama ini konten beritanya sangat normatif dan hal-hal lain yang sebenarnya potensial untuk digali lebih dalam dan diinformasikan kepada masyarakat menjadi kurang maksimal,” ungkapnya.

Ia mengatakan, selama ini sebagian besar kontributor memberitakan sesuatu yang sifatnya straigt news.

“Cobalah membuat berita jenis lain, tidak perlu mengandalkan ketika ada kunjungan Kepala Daerah, melainkan mengabarkan informasi yang bernuansakan potensi daerah dan lainnya supaya dimunculkan, imbaunya.

Disamping itu, para kontributor juga mendapat ilmu tentang fotografi dari wartawan Kedaulatan Rakyat, Chandra AN, untuk meningkatkan kualitas gambar dalam melengkapi peristiwa yang diliput.

“Dalam memotret Anda harus memiliki mental yang kuat. Contoh, jangan pernah merasa ketika memotret didepan itu mengganggu, ini yang sering kali menjadi beban, sehingga berpengaruh pada hasil,” tegasnya.

Dijelaskan, gambar yang diambil hendaknya mengandung suatu pesan yang memiliki dampak bagi penonton atau pembaca menjadi teredukasi.

“Setelah melihat gambar atau foto itu, orang jadi terkesan dan teringat terus,” tandasnya. (MC Batang Jateng/Heri)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00