Pesepeda Magelang Kampanyekan Santun Bersepeda

KBRN, Magelang : Puluhan pesepeda dari sejumlah komunitas sepeda di Magelang bersama Bike 2 Work (B2W) Magelang melakukan kampanye Magelang Santun Bersepeda.

Pada kampanye dengan dilaksanakan, Minggu (19/9/2021), mereka berkeliling Kota Magelang, sambil membagikan stiker kepada pesepeda yang melintas di beberapa ruas jalan di Kota Magelang.

“Lebih dari 500 stiker bertuliskan Magelang Santun Bersepeda, kami bagikan bagi para pesepeda yang sedang melintas di ruas jalan-jalan di Kota Magelang,“ kata Koordinator B2W Magelang, Siska Yoga.

Yoga mengatakan, stiker yang dibagikan tersebut sebagai ajakan agar peseda di Magelang membudayakan tertib dan santun di jalan. Seperti, menggunakan tetap berjalan di jalur sepeda yang telah tersedia, juga   patuh terhadap  rambu-rambu lalu-lintas, seperti bila lampu lalu-lintas menyala merah juga ikut berhenti.

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan sejumlah pesepeda dari beberapa komunitas seperti Komunitas Noris Magelang, Magelang Female  Cyclist (Mafelist), Minion Magelang, dan Pegiat Sepeda Peduli Keselamatan, sebagai wujud kepedulian pesepeda dalam mendukung keselamatan di jalan.

“Kegiatan ini diharapkan para pesepeda lebih santun dan tertib berlalu lintas. Seperti  tetap berhenti ketika lampu pengatur lalu lintas menyala merah dan juga menggunakan jalur sepeda atau jalur lambat  yang telah tersedia,” ujarnya.

Yoga menambahkan, kegiatan serupa  juga dilaksanakan di Jogjakarta pada hari yang sama dengan tema Hari Raya Bersepeda, “Wani Ngepit Wani Tertib” ( berani bersepeda, berani tertib).

Sementara itu, Isrohati salah satu pesepeda anggota Magelang Female Cyclist, berharap di tengah banyaknya masyarakat yang bersepeda sebagai salah satu olahraga yang digemari saat ini, para peseda tersebut mau untuk peduli dan tertib di jalan.

“Dengan bersepeda  yang pedul dan tertib di jalan, juga mendukung program keselamatan bersepeda. Selain itu,  harapannya setiap tanggal 19 September bisa dijadikan Hari Kampanye Tertib Berlalu –lintas,” katanya. Dyas

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00