Ronda Online ala Hendi di Semarang Manfaatkan Puluhan Ribu CCTV

KBRN, Semarang : Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi terus membuat terobosan pelayanan publik di wilayahnya. Terbaru, Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi melalui media sosial, menginformasikan Ronda Online melalui sistem Semarang Smart City yang digagasnya sejak tahun 2013. 

Dalam sebuah video yang diunggah pada akun media sosial miliknya @HendrarPrihadi, dia menunjukkan bagaimana masyarakat di Kota Semarang dapat memantau kondisi lingkungan sekitar hingga ke tingkat RT melalui sebuah sistem daring CCTV yang terintegrasi. 

Hendi sendiri menyebutkan, masyarakat dapat memantau CCTV hingga ke tingkat RT di Kota Semarang. Ini upaya Pemerintah Kota Semarang dalam mengintegrasikan CCTV di seluruh kota, untuk meningkatkan keamanan di ibukota provinsi Jawa Tengah. 

"Kami memiliki portal yang bisa diakses oleh publik, yaitu di tiliksemarang [dot] semarangkota [dot] go [dot] id. Memang masih belum semua terintegrasi, tetapi kami terus berproses untuk dapat meningkatkan keamanan di Kota Semarang," terangnya. 

Untuk kuantitas CCTV-nya sendiri juga masih harus ditambah supaya bisa mencakup pantauan ke semua wilayah. Namun, dengan konsep yang sudah berjalan dan berhasil diaplikasikan ini, kedepan diharapkan tinggal menyempurnakan saja," imbuhnya. 

Hendi menambahkan fokus dalam penyempurnaan pemantauan Kota Semarang tersebut juga dititik beratkan pada kemampuan sistem untuk dapat melakukan analisa secara otomatis. 

"Jadi bukan hanya menampilkan gambar pantauan, tapi dikembangkan dalam kemampuan deteksi, agar mempermudah stakeholder dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang tinggal di Kota Semarang," tekannya. 

Sementara itu secara detail, Kepada Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Semarang, Bambang Pramusinto menyebutkan saat ini telah ada 10.600 CCTV yang terpasan. Namun dirinya tak menampik belum semua CCTV tersebut terhubung dalam jaringan, terutama untuk CCTV di wilayah RT. 

“Ada sebagian kecil yang masih proses membangun jaringan khususnya di wilayah RT, ini yang tengah kami upayakan agar target 10.600 CCTV semua terhubung,” ungkap Bambang Pramusinto. 

Di sisi lain, Bambang juga menyebutkan jumlah CCTV yang terpasang di Kota Semarang pada tahun depan juga akan bertambah, sesuai arahan Hendi kepadanya. "Tahun depan Pak wali juga masih akan menambah jumlah CCTV untuk tiap RT, sehingga akan ada lebih dari 20 ribu CCTV realtime yang dapat dipantau," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00