Donor Darah Duta BPJS Kesehatan Bantu Selamatkan Nyawa Sesama

KBRN, Semarang : Tak hanya memprioritaskan pelayanan masyarakat, Duta BPJS Kesehatan juga tergerak menggelar aksi sosial melalui kegiatan donor darah dan plasma konvalesen Covid-19. Kegiatan itu menggandeng Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD-PMI) Kota Semarang, Jumat (17/9/2021).

Sejak pandemi Covid-19 melanda, salah satu terapi penyembuhan Covid-19 dapat dilakukan melalui donor plasma konvalesen. Di dalam plasma darah penyintas Covid-19 terdapat antibodi yang muncul sebagai respon tubuh ketika terinfeksi suatu virus atau bakteri, termasuk virus Corona. Dengan adanya antibodi yang cukup, virus, atau bakteri penyebab penyakit pun bisa dibasmi.

“BPJS Kesehatan Cabang Semarang baru kali ini melaksanakan kegiatan donor darah dan plasma konvalesen seperti ini, dan kegiatan ini dilaksanakan oleh kantor BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia. Harapannya dengan kegiatan ini kami dapat membantu masyarakat yang saat ini sedang terinfeksi Covid-19 serta dapat mempercepat upaya pemulihan,” tutur Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang, I Gusti Ayu Mirah Sutrisni. 

Dalam acara ini, BPJS Kesehatan Cabang Semarang bersinergi dengan BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jateng dan DIY, kegiatan donor darah ini  dapat diikuti 23 orang yang terdiri atas pegawai dan Tenaga Alih Daya (TAD).

Salah satu Duta BPJS Kesehatan, Gani Hamdi selaku peserta donor konvalesen, mengaku baru pertama kali melakukan kegiatan donor darah. Dirinya mengaku antusias dengan adanya aksi sosial ini. Sebagai penyintas Covid-19, ada sebuah keuntungan baginya untuk dapat membantu orang lain yang saat ini sedang berjuang sembuh melawan Covid-19.

“Rasa ingin membantu teman-teman yang sedang berjuang sembuh melawan Covid-19 lebih besar dari rasa takut untuk donor plasma, sekaligus sebagai upaya membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19,” tuturnya.

Iapun berharap, kedepan lebih banyak lagi masyarakat yang mau ikut donor darah. Khususnya untuk penyintas Covid-19 mau mendonorkan plasmanya untuk membantu saudara-saudara yang saat ini sedang dalam perawatan karena terpapar virus Korona. Harapannya, pandemi Covid-19 bisa segera usai.

“Turunnya tingkat penderita Covid-19, perlu diapresiasi karena berbagai pihak telah bekerja keras untuk  mengurangi dampak yang timbul dari pandemi. Kamipun berharap sedikit langkah kami dalam kegiatan donor darah dan plasma konvalesen ini akan memberikan dampak yang berarti dalam selesainya pandemi ini,” tutur Mirah. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00