TP PKK Kendal Canangkan Percepatan Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil

KBRN, Kendal : Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal mencanangkan gerakan percepatan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil. Gerakan ini dilakukan bersama Dinas Kesehatan melalui puskesmas-puskesmas, sekaligus juga melibatkan petugas Keluarga Berencana.

Pencanangan gerakan ini dilakukan oleh Bupati Kendal di Puskesmas Kendal 2, Kamis (16/9/2021). Saat pencanangan diikuti 70 ibu hamil yang melakukan vaksinasi Covid-19.

Ketua Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Chacha Frederica mengatakan, ibu hamil termasuk golongan yang rentan terhadap penularan virus Korona. Dorongan dari TP PKK agar ibu-ibu PKK bisa menggerakkan dan mensosialisasikan pentingnya vaksinasi untuk ibu hamil. 

"Dorongan dari TP PKK, khususnya ibu-ibu PKK di Kabupaten Kendal harus bisa menggerakan dan menyosialisasikan program pemerintah, karena kami kan sebagai pendamping pemerintah. Jadi, ada program apa yang sudah dicanangkan pemerintah, maka kita harus bisa mendorong, seperti vaksinasi bagi ibu hamil," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal Ferinando Rad Bonay mengatakan, pencanangan ini untuk mendorong percepatan vaksinasi ibu hamil di Kabupaten. Pasalnya, prosentase vaksinasi ibu hamil di Kabupaten Kendal masih rendah. Sasaran vaksinasi ibu hamil di Kabupaten Kendal sebanyak 4.334 orang  namun yang sudah divaksin baru 1.681 orang.

Padahal, angka kematian ibu hamil akibat Covid-19 di Kabupaten Kendal cukup tinggi. Tercatat sejak awal Januari tahun ini sudah ada 16 ibu hamil yang meninggal akibat Covid-19.

"Dengan pencanangan yang didorong Bupati ini, kita berharap teman-teman di puskesmas dan kepala desa bisa mendorong ibu-ibu hamil di wilayahnya supaya segera dilakukan vaksinasi, karena mereka masuk di kelompok rentan terkena virus Korona," katanya.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, vaksinasi bagi ibu hamil di Kabupaten Kendal sudah berjalan sejak sebulan lalu, namun masih banyak yang belum melakukan vaksin. Dalam waktu dekat, harapannya bisa menyelesaikan sisanya yang belum melakukan vaksinasi.

"Harapan kami ibu-ibu yang belum vaksin dalam waktu dekat semuanya bisa segera melakukan vaksinasi, dan ini menjadi perhatian dari TP PKK Kabupaten Kendal," ujarnya.

Selain vaksinasi ibu hamil, juga disosialisasikan aplikasi Primaku bagi ibu hamil dan yang memiliki balita. Aplikasi ini mencatat data tentang perkembangan dan pertumbuhan anak balita, sehingga lebih mudah melihat kondisi perkembangan dan pertumbuhan serta kesehatan anak. 

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00