Dinas Pertanian Kabupaten Magelang Kenalkan Kopi Asli Lokal

KBRN, Magelang : Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Magelang bekerja sama dengan Bappeda Litbangda setempat terus berupaya untuk mengenalkan produk kopi asli lokal Magelang.

“Kami bersama dengan Bappeda Litbangda Kabupaten Magelang sedang memroses branding kopi Magelang dengan nama Kopi Arabica Merapi-Merbabu. Dan, saat ini proses  tersebut sudah memasuki tahun kedua,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan,  Romza Ernawan.

Romza mengatakan, branding ( pengenalan ) kopi Magelang tersebut dirasakan sangat penting untuk dilakukan, agar kopi dari Magelang d kenal lebih luas lagi. Saat ini sudah memasuki tahun kedua untuk proses branding kopi arabica Merapi Merbabu

Menurutnya, Kabupaten Magelang memiliki banyak produk kopi yang tumbuh di kawasan lereng Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Menoreh, Telomoyo, dan Andong.

Adapun, pengenalan produk kopi yang saat ini sedang diproses tersebut yakni Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Kopi Arabica Merapi Merbabu.

Ia  menjelaskan, MPIG tersebut merupakan kawasan  dataran tinggi dan banyak  menghasilkan kopi jenis Arabika. Di dataran rendah menghasilkan jenis kopi Robusta.

“Kami mempersilahkan kelompok-kelompok tani untuk membuat branding kopi yang mereka hasilkan. Demikian juga para petani milenial akan di rangkul agar kopi Magelang lebih mendunia, apalagi petani milenial lebih paham teknologi informasi,” katanya. Dyas

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00