RSJ Dr Soerojo Magelang Gelar Vaksinasi Covid-19 Drive Thru

KBRN, Magelang : Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof Dr Soerojo Magelang menggelar vaksinasi model drive thru atau langsung diatas kendaraan. Pada pelaksanaan vaksin Covid-19 “Soerojo Saomah ” tersebut diperuntukkan bagi warga Magelang dan sekitarnya.

“Cara  ini dijalankan guna mempercepat proses vaksinasi. Selain itu, juga meminimalkan penularan Covid-19 dengan dilaksanakan di ruang terbuka,“ kata Direktur Utama RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, dr Rukmono Siswihanto di sela-sela pelaksanaan vaksinasi Covid-19 , Rabu (4/8/2021).

Rukmono mengatakan, vaksinasi drive thru digagas untuk menghindari terjadinya kerumunan.  Selain itu, pendaftarannya juga secara online melalui  link  https://bit.ly/SoerojoSaomah-Public.

Menurutnya,  pihaknya membatasi kuota vaksinasi covid di tahap pertama ini sebanyak 500 orang.

“ Untuk vaksinasi covid-19 ini, RSJ Dr Soerojo Magelang menerima sebanyak 1200 dosis. Dan vaksinasinya dilakukan dengan tiga cara. Yakni, mendatangi warga di Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, vaksinasi  dengan mengantre seperti biasa dan kali ini secara drive thru,” kata mantan Direktur Utama Rumah Sakit dr Sardjito Yogyakarta ini.

Ia menambahkan, vaksinasi covid-19 yang dilakukan RSJ Dr Soerojo Magelang tersebut untuk membantu Pemkot Magelang dalam mempercepat vaksinasi bagi masyarakat yang ada di wilayah tersebut.

Selain itu, juga untuk menyosialisasikan kepada warga masyarakat, RSJ Dr Soerojo tidak hanya menangani dan merawat pasien yang mengalami gangguan jiwa. Tetapi, juga melayani masyarakat umum.

Rukmono menjelaskan, vaksinasi covid-19 secara drive thru tersebut juga  mengambil konsep “Soerojo Saomah”. Yakni, vaksinasi covid-19 yang dikhususkan bagi anggota keluarga yang tinggal satu rumah.

Menurutnya, konsep tersebut dilakukan, karena saat ini banyak orang yang terpapar Virus Corona tersebut dari lingkungan keluarga yang satu rumah.

“Diharapkan, dengan adanya vaksinasi covid-19 bagi keluargan yang satu rumah tersebut, bisa mengurangi penyebaran Virus Corona ini,” harapnya.

Sementara itu, Wali Kota Magelang Muhammad Nur Azis mengapresiasi langkah yang dilakukan RSJ Dr Soerojo, dengan pemberian vaksinasi secara drive thru.

Menurutnya, langkah yang dilakukan RSJ Dr Soerojo ini sangat membantu percepatan vaksinasi di Kota Magelang, sehingga diharapkan kekebalan tubuh banyak warga masyarakat dapat tercipta.

“Ini merupakan salah satu inovasi untuk mempercepat vaksinasi covid-19 bagi masyarakat Kota Magelang. Dan, ini baru pertama kali ada di Kota Magelang,“ kata Azis. Dyas

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00