Cegah Penyebaran Covid-19, Pelabuhan Kendal Ditutup Sepekan

KBRN, Kendal : Pelabuhan Kendal ditutup sementara untuk umum, mulai Rabu - Senin (23-28/6/2021) mendatang. Penutupan ini ditandai pemasangan barikade di pintu gerbang masuk pelabuhan dan tulisan penutupan dengan spanduk.

Tujuan penutupan ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di area umum Pelabuhan Kendal. Kepala UPTD Pelabuhan Kendal Andi Rahmat mengatakan, penutupan ini sesuai dengan Surat Edaran Bupati Kendal yakni untuk fasilitas umum sementara ditutup guna mencegah penyebaran Covid-19. 

Penutupan ini juga untuk mengurangi aktivitas di pelabuhan. "Selama penutupan, Pelabuhan Kendal tidak ada aktivitas apapun, namun tetap ada petugas yang piket," katanya.

Kasubag TU UPTD Pelabuhan Kendal, Yavie Rahmawan Hidayatullah mengatakan, sebenarnya aktivitas di pelabuhan sudah dihentikan sepekan yang lalu, karena KMP Kalibodri masuk masa perawatan sehingga kegiatan penumpang dihentikan. 

KMP Kalibodri masuk perawatan kurang lebih satu bulan. "Perawatan kapalnya dilakukan di galangan kapal di Semarang," ujarnya.

Dikatakan, saat ini sejumlah ABK KMP Kalibodri ada yang positif Covid dan  masih menjalani isolasi mandiri. Oleh karena itu, di masa penutupan ini, area pelabuhan akan dilakukan penyemprotan desinfektan untuk sterilisasi.  "Ada empat orang yang positif Covid-19, namun yang satu sudah sembuh," katanya.

Selama ini di Pelabuhan Kendal, selain aktivitas  penyeberangan kapal dengan rute Kendal - Kumai Kalimantan Tengah, juga dibuka untuk masyarakat yang ingin jalan-jalan di kawasan pelabuhan, termasuk memancing. Karena pelabuhan ditutup, maka kantin-kantin pun juga tutup.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00