Tempat Isolasi Terpadu, Pemkot Magelang Tambah Satu Hotel

KBRN, Magelang : Pemerintah Kota Magelang kembali menambah tempat isolasi terpadu bagi pasien kasus Covid-19. Yakni, Hotel Safira di jl Jenderal Gatot Soebroto Kota Magelang.

Sebelumnya, Pemkot Magelang membuka ruang isolasi terpadu di Hotel Borobudur Indah. Karena, lonjakan kasus Covid-19 di Kota Magelang yang meningkat selama satu pekan terakhir, menjadikan kamar yang tersedia di hotel yang berada di jl A Yani  Kota Magelang tersebut  penuh juga.

"Karena kejadian positif  Covid-19 banyak,  menjadikan  Hotel Borobudur sudah penuh. Sehingga Pemerintah Kota Magelang membuka isolasi terpusat satu lagi yakni  di Hotel Safira," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, dr Intan Suryahati, Senin ( 21/6/2021).

Intan mengatakan, dari 52 kamar yang ada di Hotel Safira, sejak Minggu (20/6/2021) kemarin langsung terisi 17 orang. Dan semuanya merupakan pasien yang terpapar Covid-19  tanpa gejala.

“Untuk  pasien yang diisolasi di Hotel Safira sudah ada 17 orang positif  Covid-19, sejak Minggu ( 20/6/2021) pukul 14.00 WIB. Dan, semuanya merupakan pasien tanpa gejala,” katanya.

Sebelumnya, pada Minggu (13/6/2021) lalu, pemerintah kota setempat telah membuka satu hotel untuk dijadikan tempat isolasi mandiri secara terpadu yakni di Hotel Borobudur Indah. Dan hanya selang satu pekan, jumlah kamar yang tersedia sudah penuh oleh pasien Covid-19.

“Dari jumlah pasien yang menghuni di Hotel Borobudur Indah, pada Minggu kemarin sudah ada yang sembuh sebanyak 15 orang,” imbuhnya.

Sementara itu, terkait klaster gathering yang dilakukan mahasiswa Universitas Negeri Tidar (Untidar) Magelang, Intan menjelaskan,  dari 88 mahasiswa Fakultas Teknik Sipil  Untidar yang di- swab antigen dan PCR, mencapai 57 orang yang dinyatakan positif Covid-19. Dan, semuanya diisolasi di Hotel Borobudur Indah.

Ia menyebutkan, kapasitas empat rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Magelang semuanya hampir penuh. Ke empat rumah sakit itu yakni Rumah Sakit Umum Daerah Tidar Kota Magelang, Rumah Sakit Budi Rahayu, Rumah Sakit Tentara (RST) dr Soedjono dan Rumah Sakit Jiwa ( RSJ) dr Soeroyo.

“Untuk pasien yang bergejala menengah hingga berat, dirawat di rumah sakit. Sedangkan, pasien yang mengalami tanpa gejala diisolasi di tempat isolasi terpadu,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan  data dari https://covid19.magelangkota.go.id/, hingga Senin ( 21/6/2021) pukul 12.00 WIB, jumlah pasien terkonfirmasi terdapat penambahan empat orang menjadi total 2.489 orang. Sedangkan, terkonfirmasi kasus aktif terdapat penambahan sebanyak 40 orang menjadi 141 orang, dan yang sembuh total mencapai 2223 atau terdapat penambahan  sembilan orang. Sementara yang meninggal bertambah seorang menjadi 125 orang.

Meskipun terjadi peningkatan kasus penularan covid-19, tetapi untuk Kota Magelang saat ini masih berada di zona oranye. (Dyas)

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00