Ini Yang Dilakukan Kota Pekalongan, Tekan Pengangguran

KBRN, Kota Pekalongan:  Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan terus berinovasi dalam menekan angka pengangguran. Kali ini, Dinperinaker setempat menggandeng enam Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) swasta untuk memberikan fasilitasi pelatihan bagi masyarakat. 

Adapun jenis pelatihan yang diberikan yakni pelatihan menjahit, handycraft, setir mobil, operator komputer/office dan service hp. Dengan kuota peserta satu kelas/rombel sebanyak 16 siswa, sehingga total peserta adalah 96 peserta.

Kepala Seksi Pelatihan dan Produkvitas Kerja Dinperinar setempat, Muhammad Yusuf SIP saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (21/6/2021) menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari pembinaan bagi LPKs di kota Pekalongan. Pelatihan sudah dimulai pada 24 Mei – 29 Juni mendatang.

“Kegiatan fasilitasi pelatihan bagi masyarakat yang ditempatkan di LPK Swasta ini, sebagai bagian dari pembinaan DInperinaker bagi LPKs, Selain pelatihan yang rutin kami lakukan di Balai Latihan Kerja (BLK),”ungkap Yusuf.

Antusias masyarakat untuk mengikuti pelatihan, dikatakan Yusuf sangat tinggi. Terlihat dari saat pendaftaran pada April lalu, sebelum batas waktu pendaftaran kuota peserta pelatihan sudah terpenuhi. “Bahkan melebihi, sehingga terpaksa kami tutup. Untuk informasi terkait pelatihan kami sebarkan melalui Instagram @Dinperinaker_kotapekalongan,”imbuhnya.

Ia menambahkan, selain pelatihan yang tengah berlangsung, pihaknya juga saat ini tengah melakukan monitoring bagi alumni pelatihan tahun 2020. Dimana sekitar 70% lulusan sudah memiliki pekerjaan. Pihaknya berharap, para alumni tidak hanya siap bekejra di perusahaan, tetapi juga diharapkan dapat merintis wirausaha mandiri.

“Tentunya pelatihan ini tidak hanya membentuk sebagai karyawan tetapi juga wirausahawan baru,”pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00