Penundaan Pilkades Serentak di Purworejo Dicabut

KBRN, Purworejo : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo akhirnya mencabut penundaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun 2021, yang sebelumnya pernah mendapatkan protes dari sejumlah pihak.

Dengan adanya keputusan ini pelaksanaan Pilkades serentak di Purworejo tetap digelar 3 Mei 2021.

Keputusan itu dilakukan setelah Pemkab bersama DPRD Purworejo dan perwakilan Polosoro Purworejo melakukan konsultasi bersama Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia pada 8 April 2021 lalu.

"Tahapannya sudah ditetapkan dengan Keputusan Bupati. Pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Purworejo akan dilaksanakan besok pada tanggal 3 Mei 2021," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Kabupaten Purworejo, Agus Ari Setyadi.

Keputusan pelaksanaan Pilkades serentak itu, dituangkan dalam surat Keputusan Bupati Purworejo nomor : 160.18/170/2021 tentang penetapan Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Purworejo, yang telah ditandatangani Bupati Purworejo, Agus Bastian, pada Senin (12/4/2021).

Dengan diterbitkanya SK Bupati itu, tahapan kegiatan Kepala Desa serentak di Kabupaten Purworejo tahun 2021 yang telah dilaksanakan dinyatakan sah dan tetap berlaku.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Purworejo Hj Tursiyati mengatakan, keputusan Pilkades serentak yang kembali diagendakan pada tanggal 3 Mei 2021 dinilai tepat dan sesuai dengan keinginan DPRD dan Peguyuban Kepala Desa Polosoro.

"Dengan terbitnya jadwal tersebut kami lega dam berharap semua pemangku kepentingan bisa melaksanakan dengan tertib, aman, lancar dan sukses," harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00