Pameran Ukir Jepara

Road Maps Ukir Jepara

KBRN Semarang : – Acara Sedekah Bumi Desa Tahunan Jepara diawali dengan seni tari Gandrung Marsan yang dibawakan oleh Perangkat Desa Tahunan. Kegiatan ini diikuti dengan Pameran UMKM dan dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta, Jumat (1/7/2022).

Aneka produk jajanan dan kriya mendominasi etalase stand yang dijajakan di sepanjang jalan depan Balai Desa Tahunan. Pameran diikuti oleh 8 Rukun Warga (RW) yang ada di Desa Tahunan. Masing-masing RW menawarkan produk UMKM andalan mereka.

Selain Pameran UMKM, Pemerintah Desa Tahunan juga menggelar Talkshow bertema Pelestarian Seni Ukir di Desa Tahunan. Dengan narasumber Hadi Priyanto sebagai Pegiat Seni Ukir dan Batik Jepara, juga Tafrikhan selaku Pengurus (Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia) HIMKI Jepara.

Kecamatan Tahunan merupakan salah satu sentra ukir yang ada di Kabupaten Jepara. Terdapat lebih dari 2.000 pengusaha ukir di Tahunan.

“Kalau tiap pengusaha merekrut minimal 10 orang tenaga kerja, ini luar biasa. Namun kita harus mengedukasi dan mengajak generasi muda untuk menuruskan seni ukir,” ujar Edy.

Ia berharap nantinya ada roadmap ukir. Ini sebagai upaya untuk mendongkrak kembali seni ukir, karena kian tahun minat masyarakat utamanya generasi muda untuk meneruskan seni ukir semakin berkurang. Ini akibat beralihnya minat masyarakat untuk bekerja ke jenis usaha lain.

Edy akan mengupayakan pengusaha eksportir ukir dan kayu agar dapat berkibar kembali. Sebagai salah satu upayanya, ia akan menemui Duta Besar Panama untuk beraudiensi mengenai ekspor ukir dan kayu usai acara ini sesuai dengan yang telah dijadwalkan. (DiskominfoJepara/Sigit)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar