Sri Sumarni Resmikan Lumbung Pangan Reborn

KBRN, Grobogan : Lumbung Pangan Reborn telah diresmikan Bupati Grobogan Sri Sumarni pada Jumat (15/10/2021). Peresmian Lumbung Pangan Reborn ini dilakukan di Lumbung Pangan Sri Rejeki, Desa Pulongrambe, Kecamatan Tawangharjo.

Lumbung pangan di Desa Pulongrambe, Kecamatan Tawangharjo ini menjadi salah satu dari 10 lumbung pangan yang jadi percontohan lumbung pangan reborn.

Dalam sambutannya, Bupati Grobogan Sri Sumarni menyebutkan, selama ini lumbung pangan masih bersifat konvensional. Artinya, lumbung pangan hanya sebagai penyimpan gabah petani pada saat panen sebagai cadangan pangan dan akan keluar atau dipinjamkan kembali kepada para anggota saat paceklik atau kurang pangan.

Pengembalian tersebut memberikan tambahan nilai terntentu dan akan dikembalikan lagi ke anggota lumbung.

"Fungsi lumbung sekarang  ini adalah pangan ditingkatkan. Jadi tidak sebatas menjadi tempat penyimpanan gabah, akan tetapi memiliki peran dan fungsi yang lebih bagi masyarakat," katanya.

Lumbung Pangan Reborn menjadi inovasi terbaru yakni sebagai lumbung pangan masyarakat dengan penambahan fungsi sebagai Unit Pengumpul Zakat (UPZ), Unit Usaha Badan Usaha Milik Petani (BUMP) dan Sistem Resi Gudang (SRG).

“Pada tahap awal dipilih 10 Lumbung Pangan sebagai percontohan,” tambahnya.

Bupati juga menjelaskan DKP Jawa Tengah telah memberikan bantuan modal untuk lumbung pangan yang dibangun dengan DAK sebesar Rp20 Juta sejak tahun 2010 sampai 2015.

Pembangunan dilakukan dengan 3 tahapan, yakni penumbuhan sebanyak 51 lumbung, pengembangan 49 lumbung dan kemandirian sebanyak 19 lumbung. Kemudian, dari APBD Kabupaten juga melakukan hal serupa, yakni lumbung yang dibangun sebanyak 23 unit pada 2012 – 2015.

Bantuan dana pemberdayaan berupa dana pembelian GKG untuk pengisian lumbung sebagai cadangan masyarakat, khususnya bagi anggota lumbung pangan juga diberikan melalui APBD Kabupaten Grobogan.

Secara total, sejak tahun 2010 hingga 2021 sudah ada 116 unit lumbung pangan yang berdiri di wilayah Kabupaten Grobogan.Bupati grobogan sri sumarni telah meresmikan Lumbung Pangan Reborn di Lumbung Pangan Sri Rejeki, Desa Pulongrambe, Kecamatan Tawangharjo.

Lumbung pangan ini merupakan satu dari 10 lumbung yang menjadi percontohan di wilayah Kabupaten Grobogan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00