Vermin Parpol Calon Peserta Pemilu, KPU Kerahkan 24 Verifikator

KBRn, Pati : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati mulai memverifikasi administrasi keanggotaan partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024. Verifikasi ini akan berlangsung dari 16 hingga 29 Agustus 2022.

Verifikasi administrasi (Vermin) ini dilakukan terhadap 24 parpol calon peserta Pemilu 2022. Fokus vermin tahap awal, diprioritaskan pada pencermatan keanggotaannya dari sisi usia, di bawah 17 tahun, status pekerjaan yang dilarang UU, dan kegandaan internal dan ekaternal. 

Komisioner KPU Kabupaten Pati Devisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Supriyanto mengatakan, verifikasi administrasi (vermin) tingkat Kabupaten Pati ini dilakukan terhadap parpol-parpol yang telah diterima pendaftarannya di KPU RI. “Untuk verifikasi administrasi keanggotaan ini, pihaknya mengerahkan dua puluh empat personil,” terangnya.

Supriyanto menjelaskan, bagi keanggotaan yang berusia di bawah 16 tahun, parpol bersangkutan harus melengkapi akta atau surat nikah, bagi anggota parpol yang identitasnya masih tertera sebagai TNI, Polri, ASN dan yang dilarang UU yang sudah purna wajib melampirkan surat keputusan pensiun. Termasuk keanggotaan ganda yang akan menjadi pencermatan dan pemeriksaan tim verifikator.

“KPU mengambil kebijakan, siapa yang mendalilkan maka yang bersangkutan harus membuktikan ada anggota yang terdaftar di beberapa parpol. Itu  parpol juga harus mendatangi kepada yang bersangkutan untuk meminta pernyataan. Bila ketiga parpol memberikan surat pernyataan, maka KPU akan meminta mereka untuk menghadap,” tegasnya.

Untuk verifikasi persyaratan lainnya, kata Supriyanto, seperti halnya pemenuhan persyaratan kepengurusan, keterwakilan perempuan, dan keberadaan kantor sekretariat sepenuhnya menjadi kewenangan KPU RI. (Agus Pambudi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar