Warga RT13 Perum Pondok Majapahit 1 Gelar Tasyakuran HUT RI

KBRN, Semarang : Sudah menjadi tradisi tahunan dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) di RT13 /RW 4 Perum Pondok Majapahit 1 Mranggen, Demak selalu mengadakan malam tasyakuran.

Namun, malam tasyakuran HUT ke-77 RI kali ini lain dari tahun sebelumnya, karena dilaksanakan dengan sajian makan kembulan.

"Kegiatan tasyakuran seperti ini rutin kita laksanakan setiap memperingati HUT Kemerdekaan RI. Kecuali pada saat pandemi kemarin kita vakum selama 2 tahun," ujar Theo Sestu, salah seorang tokoh masyarakat di lingkungan RT 13 Pondok Majapahit 1 di sela-sela tasyakuran, Selasa (16/8/2022) malam. 

Tasyakuran semula akan dilaksanakan di lapangan Bulutangkis RT 13, namun karena cuaca tidak memungkinkan dan mau turun hujan, acara dialihkan di rumah salah satu warga. 

Meskipun tidak jadi dilaksanakan di lapangan seperti tahun tahun sebelumnyanya, namun tetap semarak penuh keakraban dan dihadiri seluruh warga RT 13. Terlebih menu makan yang disajikan adalah dengan cara kembulan. 

“Menyenangkan, penuh kebersamaan semua warga RT 13 hadir. Lebih erat, lebih saling mengenal. Terlebih pada tasyakuran malam ini ada sedikit spesial, yaitu makan bersama dengan cara kembulan,” tambahnya. 

Makan Kembulan adalah makan bersama dengan cara menjadikan 1 makanan dengan beralaskan pelepah daun pisang, disuap dengan tangan atau tanpa menggunakan sendok.

"Adapun alasan pakai daun pisang, itu dikarenakan sesuatu paling mudah di dapat dan paling merakyat,” pungkas Theo sestu.

Ketua RT13, Dwi Wahyudianto menambahkan, disajikannya makanan dalam bentuk kembulan merupakan ide dari ibu-ibu PKK RT 13 yang ingin membuat semua warga lebih guyub. 

“Ini adalah satu ide kreatif dari ibu-ibu yang tentu akan menjadi momentum yang sangat baik, karena bisa menambah keakraban sesama warga. Bisa menikmati makanan bersama tanpa memandang status sosial,” ucapnya. 

Menurutnya, makan dengan cara kembulan di suasana Peringatan HUT Kemerdekaan RI menjadi momen yang sangat berharga bagi warganya.

“Menikmati hidangan dengan cara kembulan seperti ini, tentu menjadi momen berharga bagi warga kami untuk lebih semangat dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 77 ini, lebih guyub, rukun dan lebih peduli sesama warga,” pungkasnya. 

Dalam acara tasyakuran tersebut juga dibagikan hadiah berbagai lomba yang dilaksnakan beberapa hari sebelumnya. (don). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar