Kata Youtuber wedeka2000, Soal Rahasia Sukses Shin Tae Yong

Youtuber wedeka2000

KBRN, Semarang : Nama Shin Tae Yong mulai akrab di dunia sepakbola tanah air sejak berkarir menjadi pelatih Timnas Indonesia. 

Pria Korea ini memiliki karir di dunia sepakbola Korea sebagai pemain hingga menjadi pelatih yang berprestasi di berbagai kejuaraan.

Mengapa Korea Selatan saat ini mampu menjadi negara yang hebat? Apa sebenarnya rahasia sukses orang-orang Korea seperti halnya Shin Tae Yong?

Widhie Kurniawan, salah seorang Youtuber Indonesia memberikan sedikit rahasia mengapa Korea Selatan saat ini bisa menjadi negara yang hebat dengan orang-orang yang hebat pula seperti Shin Tae Yong.

Dalam kanal Youtube-nya, wedeka2000, Widhie bercerita, dahulu ia sempat disekolahkan oleh sang ayah di Yunjung Middle School atau setingkat dengan sekolah menengah pertama. Setiap bersekolah, para siswa wajib menggunakan sepatu yang seragam, tidak boleh menggunakan sepatu ataupun barang-barang bagus dan bermerek. Selain itu, para guru di Korea Selatan dikenal dahsyat dan keras.

“Teman-teman saya itu ketika tidak bisa menjelaskan suatu pelajaran, kepalanya akan dikemplang dengan telapak tangan sang guru,” tegasnya dalam videonya tersebut. 

Menurutnya saat itu Korea Selatan sedang dalam tahap merangkak menjadi negara maju, dan akhirnya saat ini berhasil menjadi negara yang hebat. Pertanyaannya, apa yang bisa kita ambil pelajaran dari kesuksesan Korea Selatan dan Shin Tae Yong?

“Kuncinya yang pertama adalah nothing instant. Semua dibangun dalam puluhan tahun. Pemahaman kita harus betul, bahwa tidak ada sesuatu yang instan, semuanya butuh waktu. Everything need a process, seringkali kita ingin segalanya cepat jadi,” terangnya.

Widhie mengibaratkan dengan sepakbola Indonesia yang saat ini berada dalam tahap membangun. Paling tidak Indonesia membutuhkan waktu 5 tahun untuk berkembang menjadi good soccer team di bawah kepemimpinan Shin Tae Yong.

“Kegagalan kita adalah sering gonta-ganti pemain. Jika gagal sekali, seharusnya jangan langsung dicap jelek. Kunci dari Shin Tae Yong adalah membangun tim dulu,” kritiknya.

Kunci sukses yang kedua adalah membangun fisik yang kuat. Orang Korea gemar mengonsumsi ginseng dan bawang putih karena memiliki khasiat yang baik kekuatan fisik. Fisik orang Indonesia saat ini masih lemah, perlu banyak latihan untuk meningkatkan daya tahan dan kekuatan.

“Bagi Shin Tae Yong, jika ingin suksss, kita lihat, dia akan terus keras, karena yang dia latih adalah fisik, karena memang fisik orang Indonesia masih lemah. Dan yang paling penting, jangan baperan, jangan cengeng,” tegasnya sembari mengakhiri video.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar