Kepengurusan PII Wilayah Jateng dan Cabang Kota Semarang Periode 2021-2024 Dilantik

KBRN, Semarang : Kepengurusan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Wilayah Provinsi Jawa Tengah dan Cabang Kota Semarang Periode 2021-2024 dilantik. Pengambilan sumpah kepengurusan baru tersebut dilaksanakan secara Blended melalui Daring dan Luring di Gedung Serbaguna Politeknik Negeri Semarang (Polines), Rabu (15/9).

Ketua PII Pusat, Dr. Ir. Heru Dewanto, S.T., M.Sc.(Eng), P, ASEAN. Eng, dalam sambutannya melalui During berharap agar kepengurusan PII Wilayah Jateng dan Cabang Kota Semarang mampu membentuk cabang-cabang baru dan menarik anggota sebanyak banyaknya, sehingga anggota insinyur Indonesia bisa memenuhi Undang-Undang.

Sementara, Ketua Wilayah PII Jateng yang baru dilantik, Dr. T. Herry Ludiro Wahyono, ST., MT. kepada wartawan mengemukakan, bahwa kepengurusan PII Wilayah Jateng yang baru siap mengemban tugas seperti yang diamanatkan PII Pusat.

"Yang Pertama seperti yang dicanangkan pengurus PII  Pusat tadi adalah membentuk cabang-cabang baru. Yang kedua adalah menarik anggota sebanyak-banyaknya, sehingga anggota insinyur Indonesia bisa memenuhi Undang-Undang. Karena Dalam UU no 11 tahun 2014 dijelaskan bahwa pelaku Insinyuran/ semua yang melakukan pekerjaan keinsinyuran, dia wajib punya SPAI. Kalau tidak, ada sangsi pidananya,” ungkapnya, seusai pelantikan.

Dijelaskan pula, bahwa dalam Undang-Undang ini diatur pula bahwa setiap Insinyur yang melakukan Praktik Keinsinyuran harus memiliki Surat Tanda Registrasi Insinyur yang dikeluarkan oleh PII dan berlaku selama 5 (lima) tahun serta diregistrasi ulang setiap 5 (lima) tahun.

“Kemudian yang berikutnya adalah kita mencoba bersinergi dengan Persatuan Istri Insinyur Indonesia (PIII)  dan Forum Insinyur Muda, sehingga apa yang dicanangkan pengurus pusat itu bisa terealisasi atau terlaksana,” imbuhnya.

Disinggung tentang target dan program kerja jangka pendek, Herry yang juga tercatat sebagai Dosen Jurusan Teknik Sipil Polines ini menegaskan, bahwa dalam kepengurusan baru ini di seluruh Jawa Tengah pihaknya mentargetkan minimal membentuk 10 Cabang baru.

“Jadi jelas 50 persen Kabupaten/Kota di Jawa Tengah itu harus menjadi cabang baru. Targetnya adala 10 kabupaten/Kota baru. Adapun srateginya adalah karena basic saya adalah Teknik Sipil, maka kami akan berusaha berkoordinasi dengan Dinas-Dinas teknis yang selama ini sering bekerjasama dengan kami, disamping juga Dinas-Dinas yang lain," ujarnya.

"Di  Jawa Tengah cabang yang sudah terbentuk baru 4, yaitu Kota Semarang, Surakarta, Kabupaten Semarang dan Kabupaten Batang, ditambah 10 Kabupaten/Kota yang ditargetkan. Sehinga semuanya minimal 50 persen dari Kabupaten/Kota yang ada di Jateng terbentuk,” imbuhnya.

Sedangkan untuk penambahan jumlah anggota, Herry berharap bisa memenuhi target PII Pusat, yaitu 5 juta anggota di tahun 2024.

"Sehingga secara bertahap di seluruh Indonesia, satu tahun bisa bertambah sebanyak 1 juta orang anggota. Adapun sekarang dari 50 ribu anggota PII, yang aktif kurang dari 20 ribu Insinyur," pungkasnya. 

Dalam kesempatan tersebut juga dilantik Kepengurusan PII Cabang Semarang yang diketuai oleh Wakil Rektor III Universitas Semarang (USM) Doktor Supari ST MT IPM. (don).

                       

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00