99 Pejabat Kejaksaan Jateng Jalani Asesmen Kejagung

KBRN, Semarang: Sebanyak 99 pejabat eselon III dan IV kejaksaan di Jawa Tengah dengan tahun kelahiran 1963 mengikuti asesmen kompetensi yang dilaksanakan Kejaksaan Agung (Kejagung) di aula lantai 4 kantor Kejati Jateng, Selasa (20/10/2020). Asesmen bertujuan untuk memberi rekomendasi pengembangan karir serta program pengembangan pegawai.

Asisten Intelijen (Asintel) Kejati Jateng Emilwan Ridwan melalui Kasi Penkum, Bambang Tedjo mengatakan, asesmen terbagi dalam dua tahapan. Gelombang pertama pada Kamis-Jumat (15-16/10/2020) diikuti 47 pegawai, sedangkan gelombang kedua pada Senin-Selasa (19-20/10/2020) diikuti 52 peserta. 

"Asesmen kompetensi ini memang dilakukan secara berkala," ujar Bambang. Penyelenggaraan asesmen dilakukan PT Quantum HRM Internasional, dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Bambang menjelaskan, tujuan lain yang ingin dicapai kegiatan ini di antaranya, peremajaan data kompetensi pegawai, kesesuaian antara jabatan dengan profil pegawai, dan pengembangan kapasitas organisasi. Adapun materi yang diujikan meliputi tes intelegensi, kepribadian, kecerdasan emosi, kesehatan mental, kecenderungan perilaku, self assesment, dan tes bidang. 

Perwakilan PT Quantum HRM International, Fajar Wahyu Nugraha mengatakan, peserta asesmen awalnya harus mengikuti tes secara daring dan input data. Kemudian menjalani Leaderless Group Discusion (LGD) dan wawancara untuk menggali pengetahuan lebih dalam. Apabila kemampuan peserta dinilai lebih, maka bisa ditingkatkan dan dimaksimalkan.

"Apabila ada kekurangan diarahkan untuk melengkapi kekurangan tersebut," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00