Kecamatan Pedurungan Lakukan Langkah Prefentif Mencegah Penyebaran Covid 19

KBRN, Semarang: Kecamatan Pedurungan melakukan tindakan prefentif dalam memutus mata rantai penularan covid 19 di wilayah pedurungan. Dengan jumlah penduduk yang berjumlah 192.242 Orang (Data Disdukcapil kota semarang tahun 2019). Camat Pedurungan DR. Drs. H. Kukuh Sudarmanto. S.Sos, SH, MM menjelaskan, jumlah penduduk di kecamatan pedurungan merupakan yang terbanyak di kota semarang (Rabu, 1/7/2020). 

“Jumlah penduduk dikecamatan pedurungan terbanyak di kota semarang dibandingkan di kecamatan lain. Karena Mobilitas warga dari luar pedurungan seperti mranggen, pucang gading dan demak banyak yang beraktifitas di wilayah pedurungan, khususnya di daerah tlogosari dan muktiharjo,” jelasnya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Semarang per 29 Juni 2020, pedurungan menjadi peringkat ke 2 dengan 53 orang yang terinfeksi covid 19, upaya pencegahan penularan covid 19 dilakukan secara masif di wilayah pedurungan.

“Langkah-langkah pencegahan penularan covid 19 di masyarakat dengan melakukan sosialisasi secara masif dengan melibatkan RT, RW, lurah, PKK dan tokoh masyarakat. Dengan melakukan potroli dengan petugas gabungan dari unsur TNI, Polri dan Satpol PP pada sore dan malam hari.  Serta melakukan pengaturan penutupan jalan kampung dengan sistem satu pintu di lingkungan RT,” tuturnya.

Imbas dari adanya pandemi Covid 19, sangat berdampak dari sektor ekonomi dan sosial kemasyarakatan di wilayah kecamatan pedurungan. Bantuan disektor ekonomi dan sosial kemasyarakatan dilakukan untuk warga yang terdampak Covid 19.

“Pihak kecamatan membantu masyarakat terdampak Covid 19 dengan menyalurkan sembako dari pemkot, Bantauan Sosial Tunai (BST) dan bantuan dari Pemprov. Dengan swadaya masyarakat dengan membuat lumbung di tiap RT dan RW guna membantu warga terdampak yang tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah. Di sektor sosial Kemasyarakatan dengan memberikan edukasi agar menerapkan protokol kesehatan. Edukasi bertujuan agar masyarakat memahami  bahwa penularan covid 19 tidak seperti virus yang lain dan warga dihimbau menjaga imun tubuh agar tidak tertular,“ imbuhnya.

Pihaknya juga menghimbau kepada warga di wilayah pedurungan agar tidak takut, tetap menerapkan protokol kesehatan dan tidak bepergian keluar rumah bila tidak ada keperluan yang penting. Dengan perilaku intensif tersebut, diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran covid 19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00