Masyarakat Miliki Peran Kurangi Penyebaran Hoax

KBRN, Semarang : Perkembangan teknologi informasi dan digitalisasi disinyalir terhadap makin mempermudah dalam penyebaran berita bohong (hoax) di masyarakat. 

Dengan hal itu, peran dari semua kalangan, seperti masyarakat sangat penting dilakukan untuk melakukan penanganan adanya penyebaran informasi ataupun berita yang akan merugikan tersebut.

Menurut salah satu mahasiswi di Perguruan Tinggi Swasta di Semarang, Shela Widiyawati menuturkan penangkalan sebaran berita hoax harus dilakukan dalam memilih informasi yang akurat. Pasalnya, apabila penyebaran informasi yang tidak akurat tidak diantisipasi akan menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

" Peran masayarakat sangat penting. Jika berita hoax ini dibiarkan begitu saja, maka masyarakat akan semakin terjerumus dalam mendapatkan informasi,” ujar Shela kepada RRI, Kamis (18/8/2022). 

Dia menambahkan, dalam melakukan antisipasi berita hoax diantaranya yakni dengan mencari sumber informasi atau berita yang valid. Selain itu, masyarakat juga harus cermati dalam mendapatkan berita yang  lebih akurat.

“ Tentunya sebagai masyarakat harus lebih berhati-hati apabila mendapatkan ataupun menerima informasi dari luar, terlebih informasi dari dunia maya atau media sosial,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar