Dewan Ajak, Semua Pihak Harus Lawan Hoaks

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng Ferry Wawan Cahyono Ajak Lawan Hoax

KBRN, Semarang : Perkembangan teknologi di era digital saat ini memberikan akses kepada seseorang untuk mendapatkan informasi dengan sangat mudah. Kemudahan mendapatkan informasi akhirnya sulit untuk memilih dan memilah informasi.

Muncullah hoaks, disinformasi maupun misinformasi. Dalam hal ini, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng Ferry Wawan Cahyono menyatakan sudah saatnya semua pemangku kebijakan untuk memberi penjelasan dan pengertian kepada masyarakat supaya tidak menelan mentah-mentah segala informasi yang masuk dalam media sosial.

“Sulit, sekarang ini mana informasi yang direkayasa, mana yang memutarbalikkan fakta dan mana informasi yang benar. Menjadi tugas kita semua untuk memberi literasi, pemahaman informasi yang benar kepada masyarakat. Menjadi bahaya, manakala informasi yang sesat justru dijadikan alat pembenaran,” ucapnya dalam kegiatan ‘Sosialisasi Non-Perda’ dengan tema ‘Bersama Lawan Hoax’ di Aula,PM Collaboration, Jalan S. Parman Kabupaten Banjarnegara, baru-baru ini.

Ia menjelaskan semula informasi hanyalah sebuah alat untuk membantu kebutuhan manusia. Seiring perkembangan zaman, makna informasi menjadi luas, mulai dari hal untuk memenuhi kebutuhan manusia, dengan memudahkan orang berinteraksi dan bersosialisasi sampai sebuah alat propaganda baik positif maupun negatif.

Karena itulah, masyarakat harus diberi pemahaman mengenai informasi yang benar. Dengan kata lain, literasi media menjadi sebuah keharusan dan penyadaran yang harus dimiliki khalayak dalam mengakses media massa terutama mengenai isi pesan. 

“Untuk itu, fungsi pers juga menjadi sumber berita yang terpercaya dapat menyampaikan kepada masyarakat,” tandasnya. (Humas DPRD)

 

 

 

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar