Stok Darah PMI Semarang Aman Buat Tiga Hari Kedepan

Stok Darah PMI Kota Semarang

KBRN, Semarang : Ketersediaan darah di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang masih aman untuk memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat. Stok darah yang ada ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat hingga tiga hari kedepan.

Kepala Bagian Pelayanan Donor PMI Kota Semarang, dr Nevi Seftaviani mengatakan, ketersediaan stok setiap golongan darah saat ini mencapai sekitar 400 kantong darah.

Dari ketersediaan stok darah, paling banyak yaitu golongan darah B dan O, sedangkan paling minim golongan darah AB. 

"Kendati stok saat ini terbilang aman dan cukup, namun ketersediaan yang ada tidak bisa dalam jangka waktu lama untuk mencukupi kebutuhan darah bagi masyarakat," kata Nevi kepada RRI, Rabu (10/8/2022)

Diakuinya, kesadaraan masyarakat untuk melakukan donor darah cukup baik, meskipun kasus Covid-19 saat ini masih mengalami kenaikan ataupun penurunan. Selain itu, PMI Kota Semarang juga tetap menjalankan program penjemputan bola untuk memenuhi kebutuhan darah di wilayah setempat.

" Yang pasti pelayanan donor darah keliling menggunakan mobile unit juga terus dilakukan setiap hari. Untuk tempatnya yakni seperti di instansi pemerintahan ataupun swasta, tempat ibadah, rumah sakit maupun lainnya. Dari kegiatan mobile unit, rata-rata darah yang didapatkan cukup bervariasi," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar