Banjir Rob Bawa Berkah, Orderan Bengkel Mobil Meningkat

KBRN, Semarang : Banjir rob akibat air pasang laut yang melanda di kawasan pesisir Kota Semarang sejak Senin (23/5/2022) hingga sekarang masih belum surut. 

Ditengah banjir rob tersebut, bengkel motor maupun mobil di wilayah sekitar kebanjiran order untuk menangani kerusakaan kendaraan milik warga terdampak rob. 

Service Advisor Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Eko  Baskoro mengungkapkan, sejauh ini terdapat peningkatan jumlah permintaan dari masyarakat yang hendak menyervis kendaraan akibat terdampak banjir rob.

Hingga sejauh ini sudah ada sejumlah mobil yang masuk untuk dilakukan perbaikan. Bahkan, sejumlah kendaraan milik warga yang mengalami masalah kerusakan (mogok) akibat rob juga dievakuasi menggunakan mobil towing.

“Ada peningkatan ini sekitar 20 persen, sudah ada tiga unit mobil yang masuk di bengkel kami dan berhasil dievakuasi kemarin. Ada yang di towing juga dari lokasi banjir rob di Pelabuhan,” kata Baskoro saat Siaran Dialog bersama RRI, Kamis (26/5/2022).

Dia menyarankan, bagi masyarakat yang terdampak banjir rob agar tidak menghidupkan kendaraan bermotor miliknya. Kemudian, masyarakat dapat membersihkan atau mengeringkan terlebih dahulu bagian-bagian kendaraan yang terendam banjir. 

Rata-rata kerusakan pada kendaraan bermotor akibat rob tergantung dari seberapa tinggi air merendam. Namun, biasanya kerusakan yang dialami yaitu pada komponen-komponen elektronik.

“Jadi, masyarakat ini jangan menghidupkan dulu saat terendam banjir. Karena terendam kalau dihidupkan nanti airnya bisa masuk ke mesin dan justru merusak. Jadi sarannya jangan dihidupkan tetapi bisa dikeringkan terlebih dahulu,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar